Siapkan Irigasi Air, Penuhi Sarana Teknologi Pertanian Tepat Guna


Arie Perdana Putra 2018-03-13 16:15:56 Ogan Ilir 95 kali

Ilustrasi

INDRALAYA, Kabar28.com,- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ogan Ilir saat ini tengah menyiapkan pembuatan irigasi air tanah di 29 titik, hal itu merupakan upaya memenuhi sarana dan prasarana Teknologi Pertanian Tepat Guna di OI tahun 2018.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan OI, Zainuri Aprizal menjelaskan, penentuan titik pengerjaannya tersebut sebelumnya telah diajukan oleh kelompok penerima ataupun gabungan kelompok, bantuan dari Pemerintah Pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) itu nantinya akan langsung ditransfer ke rekening kelompok.

''Sesuai Juknis yang ada proyek ini dikerjakan secara swakelola tidak melalui pihak ke tiga, kisaran dananya sejumlah Rp145 Juta per unit, apakah nantinya dibuatkan irigasi ataupun sumur bor kita lihat situasi di lapangan. Selain itu pembuatan RAB masing-masing pengerjaan bakal diserahkan kepada Konsultan melaui proses di Unit Layanan Pengadaan (ULP),'' katanya.

Lanjutnya, untuk titik pengerjaan proyek tersebut sudah ditentukan kordinatnya, diharapkan jika dikerjakan sesuai rencana sarana dan prasarana pertanian ini mampu membantu petani yang ada di OI.

''Pengerjaan rehab Balai Penyuluh Pertanian (BPP) telah dianggarkan dengan pagu Rp305.226.000, untuk dua unit rehab BPP satu unit nya Rp182 Juta. Salah satunya rehab BPP di Kecamatan Rantau Alai dengan penunjukan langsung, bebernya. (app/jn)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close