Rudi Palem, Gitaris Terbaik Palembang Bakal Tampil di Kawan Lamo Part II


Arie Perdana Putra 2018-03-10 15:22:46 Palembang 169 kali

Rudi Palem n Friends

PALEMBANG, Kabar28.com,- Jelang event musik "Kawan Lamo" part II, diketahui salah satu gitaris terbaik sekaligus merupakan legendaris Kota Palembang, Rudi Palem akan menunjukkan aksinya bersama puluhan band dan musisi se- Sumsel lainnya, 24 s/d 25 Maret 2018, di halaman gedung DPRD Sumsel.

Untuk diketahui kembali, sosok Rudi Palem adalah Gitaris jebolan teknik Audio SAE Institute Melbourne Australia. Beliau ini tidak asing lagi dalam dunia musik,  awal tahun 2018 tak tanggung-tanggung Rudi mengajak musisi papan atas Indonesia untuk membuat sebuah project albumnya yaitu “Rudi Palem N friends Project”.

Rudi Palem N friends Project bersama musisi yang tergabung dalam project ini diantaranya, Agung Gimbal salah satu drummer terbaik dengan saat ini tergabung di band Dewa-19, Anwar Fatahillah bassist terkenal yang merupakan leader band POWERSLAVES, Heydi Ibrahim vokalis berkarakter juga additional penyanyi papan atas Indonesia dari band POWERSLAVES.

“Event Kawan Lamo Part II adalah Penampilan perdana Rudi Palem N Friends sebagai penampil utama, event ini adalah ajang reuni musisi-musisi terbaik era tahun 80an, 90an, hingga 2000an yang akan di adakan di Lapangan kantor DPRD  Sumatera Selatan khususnya di Kota Palembang,” ucap Rudi Palem, Sabtu (10/3/2018).

Pria kelahiran asli Kota Pempek ink menceritakan bahwa sejak dari band sekolah sampai kuliah dirinya bersyukur sudah banyak memiliki prestasi yang diraihnya serta lebih dari 5 kali mendapat predikat Gitaris terbaik di beberapa ajang festival music rock di zamannya di era tahun 1990an." Band yang pernah dijalani antara lain, Tengkorak Band (Poltek Mesin Unsri 1989), Centra Band 1989, SMA BW-1 Band 1990, Red Skin Band 1994, Backstreet Band 1994-1997 dan Palem Band 1997 sampai sekarang," terang dia.

Selain sebagai seoarang musisi aktiftas yang digeluti dalam keseharian Rudi Palem merupakan seorang tenaga ahli kelistrikan (sesuai dengan bidang perkuliahannya yang ia geluti dahulu di Fakultas Teknik Elektro Arus Kuat Universitas Sriwijaya Palembang). Sebagai seorang designer Pembangkit Tenaga Listrik berbagai karya bidang kelistrikan yang telah ia telurkan diantaranya rancangan design PLTU 3 buah PLTU Batu Bara PLN di Kalbar diantaranya yaitu Sintang 3x7MW, Sanggau 2x7MW, dan Bengkayang 2x27MW (saat iya masih bergabung di sebuah perusahaan pembuat pembangkit listrik yaitu PT. ZUG Power Indonesia - Jakarta), ia juga pernah mendesign sebuah rancangan design kelistrikan 1Pabrik Sawit di Sinarmas Group (PKS Semilar 80TPH), beberapa Pabrik Sawit di Artha Graha Group (PKS CUS 60TPH,PKS MAR KR 45TPH). Selain merancang design kelistrikan Rudi Palem juga memiliki beberapa karya pribadinya yang sudah iya Hak Paten kan dan juga sudah terdaftar di Dept. HAKI Menkumham .

Dibalik kesuksesannya itu, ada banyak cerita seperti dalam hal Gitar, menurut Ibunya, alat musik tersebut telah dikuasai Rudi Palem sejak kecil, karena dirinya dan Almarhum Ayah Rudi Palem sangat mendukung hoby tersebut, karena setiap ada terdengar suara alunan musik dari TV/Radio dirinya (Rudi Palem) sering bersenandung sambil memegang gagang sapu di depan TV/Radio. Ha ha ha, melihat saya membelikan sebuah gitar kecil okulele dan ketika menginjak sekklah saya sempat menyekolahkan Rudi di sekolah music di luar jam sekolah," beber Ibu Rudi Palem menceritakan sekilas kepada wartawan sambil tersenyum lucu mengenang masa kecil anak kesayangannya tersebut, sejak itulah jiwa seni untuk ber-musik saya mulai berkembang hingga mahir sampai sekarang.

Hampir 35 buah jumlah Lagu-lagu yang diciptakan Rudi Palem kebanyakan lahir dari alat musik berdawai 6 ini, walaupun ada juga beberapa lagu yang dia ciptakan dengan menggunakan piano, namun sempat fakum di dunia musik karena kesibukannya di dunia kerjanya yaitu perancang di bidang kelistrikan tapi tak membuat Rudi Palem berhenti di dunia musik.

Aliran musik dari Rudi Palem N friends adalah pop rock alternative dimana lagu-lagunya ada yang slow mendayu dayu ada yang ngebeat dan bahkan ada pula yang menghentak-hentak. Beragam corak musik banyak dihadirkan dalam project ini. Semoga dengan hadirnya Rudi Palem N friends ini akan menambah khasanah musik Indonesia. (ard)

Maju terus musik Indonesia!

Perangkat yang sering digunakan Rudi Palem adalah :

1. Gitar Ibanez seri RG505, 1980 Japan Original Brand.

2. Gitar Ibanez seri JEM7V, 2004 Japan Original Brand.

3. Gitar fender Telecaster seri  Hot Rod Blonde, 2009 USA Original Brand.

4. Gitar Bass Fender Pricission, 1976 USA Original Brand.

5. Effect Digitech RP-10, 1994 USA Original Brand.

6. Effect Line-6 M13, 2015 China Brand.

7. Efect Digitech Whamy, 2009 China Brand.

8. Efect Boss Chorus, Delay, Vibratio, Japan Original Brand.

9. Guitar Amplifier Fender Deluxe, 2009 Mexico Original Brand.

10. Guitar Amplifier Peavey Express 112, 1994 USA Original Brand.

11. Protools Profesional Audio Recording-Digi 002 Rack Sound Card, 2003 USA Brand.

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close