Dilelang, Lukisan Mona Lisa dari Afrika Terjual Rp22 Miliar


Lia Cikita 2018-03-01 18:20:15 Internasional 98 kali

Lukisan Tutu melambangkan harapan dan regenerasi di Nigeria (Foto: istimewa)

London, Kabar28.com, – Lukisan seorang putri Nigeria bernama Tutu berhasil terjual pada angka 1,2 juta poundsterling (setara Rp22 miliar) dalam sebuah lelang di London, Inggris. Lukisan yang disebut ‘Mona Lisa dari Afrika’ itu melampaui harga jual perkiraan serta memecahkan rekor tersendiri.

Lukisan Adetutu ‘Tutu’ Ademiluyi karena pelukis Nigeria, Ben Enwonwu, itu diperkirakan hanya terjual 300 ribu pounsterling (setara Rp5,7 miliar). Ternyata harga jualnya melonjak tinggi saat palu diketuk di rumah lelang Bonhams pada Rabu 28 Februari.

Mona Lisa dari Afrika itu sempat menghilang selama beberapa dekade sebelum ditemukan di sebuah apartemen di London belum lama ini. Bonhams mendeskripsikan lukisan yang dibuat pada 1974 itu sebagai ‘jarang dan luar biasa’.

“Lukisan Tutu adalah ikon nasional di Nigeria dan memiliki signifikansi budaya tinggi di sana,” ujar Direktur Seni Modern Afrika Bonhams, Giles Peppiatt, sebagaimana diwartakan The Guardian, Kamis (1/3/2018).

Ia mendapatkan lukisan itu setelah kerabatnya di London utara menghubunginya usai mengikuti lelang karya seni Nigeria. Peppiatt mengatakan, keluarga itu sangat terpukau setelah mengetahui bahwa lukisan yang mereka dapatkan adalah ‘maha karya yang hilang’.

“Sangat menyenangkan untuk ambil bagian dalam penemuan dan penjualan dari karya seni luar biasa ini,” ujar Giles Peppiatt.

Novelis Nigeria, Ben Okri menerangkan, lukisan Tutu begitu melegenda selama 40 tahun terakhir di negaranya. Lukisan itu tidak hanya menggambarkan seorang gadis, tetapi juga tradisi Nigeria. Tutu adalah simbol dari harapan dan regenerasi di Nigeria.

Ben Enwonwu diketahui telah meninggal dunia pada 1994. Pria itu dianggap sebagai ayah dari seni modern Nigeria. Ia diyakini membuat tiga lukisan Tutu yang keberadaan dua sisanya menjadi misteri. Karya seni itu menjadi simbol perdamaian setelah bentrokan antaretnis dalam konflik Nigeria-Biafra pada dekade 1960.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close