Sambang Desa Diduga Bernuansa Politik, Panwaslu Akan Tindak Pemkab OI. Emang Berani?


Arie Perdana Putra 2018-02-20 16:29:53 Ogan Ilir 339 kali

Spanduk anggota DPR RI dan Cagub-cawagub pada salah satu kegiatan sambang desa.

INDRALAYA, Kabar28.com,- Diduga bernuansa politik, Panwaslu Kabupaten Ogan Ilir (OI) menyoalkan spanduk pada kegiatan Sambang Desa Bupati OI beberapa minggu terakhir. Pasalnya, dalam kegiatan itu terdapat spanduk pasangan Cagub dan Cawagub Sumatera Selatan (Sumsel), Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramandha Nazaputra Kiemas yang berdampingan dengan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Yulian Gunhar yang tak lain adalah adik kandung Bupati OI Ilyas Panji Alam.

Ketua Panwaslu OI, Idris menyebut sambang desa yang dilakukan Bupati OI Ilyas Panji Alam terindikasi bernuansa politik, bahkan banyak laporan masyarakat dalam sambang desa itu terdapat spanduk pasangan calon Pilgub.

"Laporan dari masyarakat tersebut ditindaklanjuti, kita turun ke lapangan dan memang benar sambang desa dan terjadwal di agenda Bupati OI. Terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) pada kegiatan itu, memang ada anggota DPR RI yang memasang APK itu, dan dari informasi yang kami dapat ada juga indikasi bupati OI mengajak masyarakat untuk memilih pasangan cagub dan cawagub nomor urut 4 Dodi-Giri," ujar Idris. 

Lanjut Idris, pihaknya sudah menghimbau kepada pemerintah terkait agar APK itu tidak dipasang lagi pada sambang desa, karena APK yang digunakan oleh pemerintah kabupaten (pemkab) OI bukan dari KPU dan sudah melanggar.

"Apabila ke depan pemasangan spanduk masih tetap dipasang ada fhoto cagub dan cawagub, kita akan tindak tegas pemerintah terkait pelanggaran APK ini, karena ada peraturan KPU nomor 4 pasal 29 ayat 2 yang mengatur APK dan dikaitkan dengan UU Nomor 10 tahun 2016, kita nanti akan selidiki apakah yang dilakukan pemkab OI ini ada unsur menguntungkan kandidat atau tidak,'' pungkasnya. (nik)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close