Mendagri: 30 Persen Dana Desa untuk Berdayakan Masyarakat


Mutiara Safitri 2018-02-20 11:34:32 Nasional 74 kali

Tjahjo Kumolo (Foto : istimewa)

Kendari, Kabar28.com,-  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa 30 persen alokasi dana desa diperuntukkan bagi pemberdayaan masyarakat setempat.

"Pemerintah terus memerhatikan dan menciptakan peluang atau program yang berpihak kepada rakyat untuk mewujudkan kemakmuran yang merata," kata Tjahjo usai melantik Teguh Setyabudi sebagai Penjabat Gubernur Sultra, Senin 19 Februari 2018 kemarin.

Jika 30 persen dana desa diperuntukkan bagi pelibatan masyarakat sesuai keterampilan mereka, lanjut Tjahjo itu artinya secara tidak langsung sudah membantu mereka menyiapkan lapangan kerja.

"Bayangkan saja kalau warga dikaryakan selama dua sampai tiga bulan berarti kebutuhan teratasi tanpa meninggalkan kampung mereka," terang mantan Sekjen PDIP ini.

Dengan demikian, kata dia, program dana desa yang anggarannya sekitar Rp800 juta sudah ikut mengatasi pengangguran dan kemiskinan yang meresahkan.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra, Abdurahman Shaleh mengatakan program dana desa bercita-cita mengentaskan kemiskinan dan menekan angka pengangguran.

"Program dana desa sangat baik untuk membantu masyarakat dan mempercepat pembangunan sarana dan prasarana di desa," ungkap Shaleh.

DPRD mengimbau segenap elemen masyarakat sesuai kapasitas yang dimiliki untuk ikut mengawasi penggunaan dana desa agar tepat sasaran dan tidak diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close