Prajurit Kavaleri Harus Tingkatkan Kemampuan


Arie Perdana Putra 2018-02-19 18:50:07 Palembang 172 kali

Peresmian Kompi Kavaleri 5

PALEMBANG, Kabar28.com,- Pangdam II/Swj, Mayjen AM Putranro meresmikan Kompi Kavaleri 5/Graha Ceta Cakti, di Palembang, Senin (19/2/2018).

Pembentukan satuan baru ini, merupakan realisasi dari Peraturan Kasad (Perkasad) Nomor 74 tanggal 29 Desember 2017, yang berisi pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD. 

Tugas pokok satuan Kikav 5/Graha Ceta Cakti adalah, melaksanakan pertempuran darat yang bersifat mobil dan berkendaraan tempur lapis baja, guna mendukung tugas pokok Kodam II/Sriwijaya yang dititik beratkan pada operasi pengintaian serta pelaksanaan pengamanan Objek Vital serta Pengamanan VIP/VVIP diseluruh wilayah Kodam II/Swj. Sehingga untuk menjalankan operasinya, satuan ini dilengkapi dengan Kendaraan Tempur (Ranpur) Lapis Baja jenis Panser Anoa AMB, Panser Tarantula, Panser APR dan Panser Panhard yang kesemuanya memiliki daya gerak yang tinggi serta dilengkapi senjata Kaliber 30 mm dan Coax.

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI AM. Putranto menjelaskan, penyesuaian Orgas tersebut merupakan bagian rencana starategis TNI AD dalam pembangunan dan gelar satuan TNI AD yang semakin modern, efektif dan profesional guna memaksimalkan Deterrence Effect sekaligus respon terhadap dinamika perkembangan lingkungan strategis ke depan guna mendukung tugas-tugas Kodam II/Swj khususnya dan TNI AD.

"Saya minta agar prajurit Kikav 5/Graha Ceta Cakti segera melakukan penyesuaian, dan terus mengikuti perkembangan teknologi terutama perkembangan Alutsista Kavaleri, serta tetap meningkatkan kemampuan," jelasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close