4 Orang ODGJ di OI Jalani Perawatan


Arie Perdana Putra 2018-02-14 15:55:11 Ogan Ilir 376 kali

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OI Hj. Sumayati. (Foto: Hj. Karyani/Kabar28.com)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Kabupaten Ogan Ilir (OI) menargetkan bebas pasung pada tahun 2018 ini. Hal ini dikatakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OI Hj. Sumayati kepada Kabar28.com, Rabu (14/2/2018).

Diakui Sumayati, sebelum dilaunchingnya program bebas pasung terdata ada 12 orang yang terindikasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terpasung. Namun, sejak dilaunching program bebas pasung hingga saat ini ada 4 orang ODGJ yang dirawat.

''Kami  sudah berkoordinasi dengan masing-masing Puskesmas tempat ODGJ tinggal untuk melakukan perawatan dan pengobatan, terlebih melakukan pendekatan dengan pihak keluarga agar tak memasung penderita ODGJ,'' bebernya.

Saat disinggung terkait Ernawati warga Sungai Pinang OI yang sekarang dirawat di Rumah Sakit Ernaldi Bahar (RSEB) Palembang, kenyataannya bukan hanya sakit jiwa namun fisiknya juga perlu perawatan dan pengobatan. Menurut Sumayati, pihaknya akan melakukan kontak dan koordinasi dengan pihak RSEB terkait perawatan dan pengobatan pasien. 

''Sebelum diantar ke rumah sakit kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak RSEB, terkait fasilitas (tempat) tersedia apa tidak, berikut juga masalah perawatan. kemarin pasien juga disertakan BPJS dan KIS,'' tutup Sumayati. (nik

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close