PDAM Mau Jadi Pelanggan Premium, PLN: Kita Survey Dulu


Arie Perdana Putra 2018-02-13 21:05:41 Palembang 120 kali

Peserta penandatanganan SPJBTL

PALEMBANG, Kabar28.com,- Manajer PLN Area Palembang, Joni mengatakan, apabila terjadi pemeliharaan pada salah satu suplai listrik, maka secara otomatis suplai akan berpindah ke jalur suplai lainnya.

"Untuk menjadi pelanggan premium, secara teknis kami akan melakukan survei terlebih dahulu dan dilihat apakah layak untuk dilayani dari dua suplai atau tidak. Kalau tidak bisa, otomatis kami belum bisa menjadikan pelanggan premium," kata Joni usai Penandatanganan SPJBTL PLN Area Palembang dengan PDAM Tirta Musi, Palembang, Selasa (13/2/2018).

Lanjutnya, untuk syarat pendaftaran sendiri tidak ada, tapi PLN akan melihat dari sisi teknisnya. Khusus untuk pelanggan premium akan lebih kita fokuskan ke pelanggan-pelanggan besar, bisnis, industri, dan pelanggan yang lebih membutuhkan suplai listrik.

"Untuk pelanggan rumah tangga tidak bisa menjadi pelanggan premium karena daya yang digunakan terlalu kecil, kecuali rumah sakit (objek vital)," bebernya.

Lebih lanjut dirinya mengutarakan, di Kota Palembang saat ini sudah ada 16 pelanggan premium (termasuk yang baru ini) dan dalam waktu dekat ini sudah terdapat 45 daftar tunggu pelanggan premium. Rata-rata pelanggan premium ini merupakan pelaku industri.

"Pertumbuhan listrik sendiri di Kota Palembang rata-rata di atas 5 persen dan pada tahun ini diperkirakan akan bertambah 18 persen karena dominasinya untuk Asian Games ini cukup banyak," tandasnya.

Sementara Dirut PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya mengatakan, layanan khusus premium silver diinisiasi oleh Walikota Palembang H. Hanojoyo bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pemadaman maupun ketidakstabilan tegangan Iistrik, yang dapat mempengaruhi pendistribusian air bersih. Dengan menjadi pelanggan tarif layanan khusus premium silver maka akan diberikan perlakuan istrimewa oleh pihak PLN dimana PDAM Tirta Musi akan mendapatkan kontinuitas suplay listrik. 

"Pendistribusian air PDAM Tirta Musi Palembang diharapkan akan semakin baik karena adanya pasokan listrik dari dua gardu induk sekaligus dimana artinya jika jaringan di saIah satu induk terputus karena persoalan operasional, secara otomatis jaringan dapat Iangsung berpindah ke jaringan induk Iainnya," katanya.

Dengan menjadi pelanggan premium, PDAM tentu mengeluarkan biaya operasional yang lebih besar 5 persen setiap bulan sekaligus terjadi kenaikan biaya operasional Iistrik. "Namun diharapkan dengan bergabungnya PDAM menjadi pelanggan premium, kualitas pelayanan akan menjadi lebih baik dan keluhan pelanggan akan pendistribusian air dapat berkurang," tutupnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close