Polisi Turki Tahan 48 Orang Diduga Rencanakan Aksi Teror


Lia Cikita 2018-02-11 20:07:42 Internasional 108 kali

Petugas polisi Turki berjaga di lapangan Taksim, Istanbul pada 31 Desember 2017 untuk mengantisipasi serangan teror. (foto :istimewa)

Ankara, Kabar28.com - Polisi anti-teror telah menahan 48 orang yang diduga tengah merencanakan aksi teror. Mereka diduga merupakan anggota kelompok teroris ISIS.

Dilaporkan media pemerintah, Sabtu (10/2/2018), penangkapan dilakukan di dua tempat. Sebanyak 31 orang ditangkap dalam penggerebekan di Istanbul. Para tersangka merupakan warga negara asing yang diyakini sedang merencanakan aksi teror.

Sementara 17 tersangka lainnya ditahan di Ankara atas tuduhan terkait dengan ISIS, juga diduga akan melakukan serangan. Demikian dilaporkan Anadolu tanpa merinci waktu dan di mana dilaksanakannya penggerebekan.

Baca juga: Turki Bebaskan Delapan Dokter dari Tuduhan Propaganda Teror

Serangkaian aksi teror telah terjadi di Turki pada tahun 2015 dan 2016, serta sekali terjadi pada 2017. Semua serangan teror diklaim dilakukan oleh kelompok teroris ISIS maupun militan Kurdi.

Dalam serangkaian aksi teror di Turki itu, tercatat korban tewas telah mencapai ratusan.

Serangan teror mematikan terakhir terjadi pada awal tahun 2017, tepat saat malam pergantian tahun di mana seorang pria bersenjata yang mengaku bagian dari ISIS menyerang sebuah klub elit di Istanbul dan menewaskan 39 orang.

Sejak saat itu, kepolisian Turki terus melakukan penggerebekan di seluruh penjuru negeri dan menggagalkan rencana teror ISIS.

Sebelumnya pada Rabu (7/2/2018), polisi anti-teror juga telah menangkap enam orang berkewarganegaraan Irak yang dicurigai sebagai anggota ISIS dalam penggerebekan yang dilakukan di provinsi Samsun.

Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul, pada Sabtu (10/2/2018) mengatakan, Turki telah kembali menahan maupun menghukum 1.354 tersangka ISIS.

Sumber :kompas.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close