Tips Atur Gaji UMR Per Minggu agar Tidak Melarat di Akhir Bulan


Lia Cikita 2018-02-10 17:28:20 Ekonomi 37 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Tantangan terberat yang sering dihadapi karyawan baru adalah mengatur keuangan bulanan. Keuangan memang menjadi momok menakutkan, terutama di akhir bulan. Jika tidak pandai mengatur keuangan, si karyawan harus siap-siap melarat di akhir bulan. Atau jangan-jangan tidak makan perkara uang bulanan habis.

Jika Anda tidak mampu mengatur keuangan bulanan dengan baik, atur keuangan per minggu mungkin bisa dijadikan referensi. Lakukan tips mengatur gaji UMR  per minggu berikut ini.

1. Buat Kebutuhan Mingguan

Sebagai karyawan baru, Anda tentu tahu apa saja yang dibutuhkan selama satu minggu. Catatlah semua kebutuhan tersebut ke dalam satu catatan khusus. Buatlah menyerupai list atau daftar yang mudah dipahami agar Anda dapat melakukan cross-check pada kebutuhan yang sudah dipenuhi.

Membuat daftar kebutuhan mingguan secara rutin sangat ampuh untuk mengontrol uang kiriman yang diterima setiap bulan. Dalam pelaksanaannya, usahakan untuk fokus pada apa yang tercatat dalam daftar kebutuhan, bukan yang lain-lain. Dengan begitu, uang bulanan tidak cepat habis, hidup pun tidak melarat pada akhir bulan.

2. Mencatat Pengeluaran

Saat membuat daftar kebutuhan mingguan, mungkin Anda sudah memprediksi jumlah pengeluaran yang akan terjadi. Namun, jumlah pengeluaran tersebut belum sah sebelum Anda benar-benar membelanjakan barang yang ada di daftar kebutuhan.

Seusai berbelanja, jangan pernah lupa untuk mencatat pengeluaran. Sebab daftar harga yang Anda prediksi belum tentu sama dengan apa yang sebenarnya. Dengan mencatat pengeluaran, Anda punya gambaran yang jelas mengenai alokasi uang kiriman per bulan. Ketika uang bulanan mulai menipis, Anda juga tidak bertanya-tanya ke mana uang tersebut melayang.

3. Sediakan Makanan Siap Saji yang Bernutrisi

Oatmeal menjadi salah satu daftar persediaan yang wajib dimiliki karyawan baru yang tinggal di kos-kosan. Selain enak, oatmeal juga sangat mudah dihidangkan. Cukup dengan tambahkan susu dan buah-buahan, sarapan pagi yang sehat dan mengenyangkan siap dinikmati.

Oatmeal bisa Anda jadikan sebagai makanan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Oatmeal juga jadi menu sarapan yang pas bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat karena oatmeal ini rendah lemak.

4. Jangan Lupakan Tahu, Tempe, dan Telur

Tahu, tempe, dan telur menjadi menu favorit siapa pun dengan budget pas-pasan di akhir bulan karena harganya sangat terjangkau. Jika selama ini menyajikan menu ini hanya di akhir bulan, kini Anda dapat menyajikannya di awal atau pertengahan bulan agar hidup di akhir bulan tidak terlalu menyedihkan.

Meskipun murah, tahu, tempe, dan telur mengandung protein dan vitamin yang cukup tinggi. Anda bisa menyajikan menu ini saat makan siang. Dengan teknik pengolahan yang pas, tahu, tempe, dan telur bisa jadi menu makanan yang sangat lezat.

5. Sediakan Snack

Snack juga jadi salah satu daftar kebutuhan yang tidak boleh dilupakan. Tatkala kelaparan di tengah malam, Anda bisa makan snack untuk mengisi perut keroncongan. Namun, jangan asal pilih snack ya. Pilihlah snack yang sehat dan tidak mengandung MSG. Misalnya, biskuit atau roti gandum. Intinya, perhatikan komposisi snack yang hendak dibeli.

6. Memasak Makanan Sendiri

Menyandang status sebagai karyawan baru, Anda harus siap hidup mandiri, termasuk dalam hal mengelola keuangan. Daripada makan siang di luar, lebih baik bawa bekal sendiri dari rumah. Kuncinya hanya satu, yaitu bangun cepat di pagi hari. Jika Anda bangun kesiangan, jangan khawatir. Bawalah nasi putih sendiri dari rumah, sedangkan sayur dan lauk bisa Anda beli dari luar.

Sebelum tidur di malam hari, cek persediaan nasi yang sudah masak. Jangan sampai rice cooker dalam keadaan kosong sehingga Anda tidak bisa bawa bekal di pagi hari.

7. Minum yang Cukup

Minum air yang cukup sangat bagus untuk menetralisir bahan makanan yang masuk ke tubuh. Minumlah setidaknya 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari untuk mempertahankan stamina dalam tubuh. Jangan lupa untuk bawa air putih ke kampus atau ke tempat kerja untuk meminimalkan pengeluaran.

Belajar Hidup Sederhana untuk Akhir Bulan yang Bahagia

Ketika menyandang gelar sebagai karyawan dengan gaji UMR, hidup Anda berubah 180 derajat. Jika selama ini Anda sering berleha-leha dengan uang dari orang tua, sekarang tidak bisa lagi. Ada banyak sektor kebutuhan yang memerlukan biaya besar, terutama kebutuhan sehari-hari. Pintar-pintarlah mengatur keuangan dan mulailah hidup sederhana agar akhir bulan tidak melarat.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close