Diduga Stres Karena Ingin Sekolah, 11 Tahun Ernawati Dipasung


Arie Perdana Putra 2018-02-09 19:48:36 Ogan Ilir 166 kali

Ibu Ernawati didampingi warga sekitar

INDRALAYA, Kabar28.com,- Meski Pemkab Ogan Ilir sudah mengeluarkan Perda bebas pasung, faktanya masih ada warga bumi Caram Seguguk yang dipasung.

Adalah Ernawati (36) wanita warga RT 3 Dusun 2, Desa Sungai Pinang 3, Kecamatan Sungai Pinang tersebut sudah lebih dari 11 tahun terakhir hidup dalam pemasungan 

Dengan alasan kerap mengamuk di rumah dan berjalan jauh, akhirnya perempuan tersebut dipasung. 

Rumah pemasungan bagi Ernawati selama 11 tahun terakhir hanyalah gubuk yang terbuat dari papan dan beratapkan daun nipah, dia tidur dan beraktivitas di atas susunan lantai papan yang sudah berlobang.

Di dalam gubuk itu, Ernawati juga tak leluasa bergerak. Sebab, kakinya diborgolkan dengan kayu, di gubuk itulah Ernawati ditemani ibunya yang sudah lanjut usia selama 11 tahun.

Sebelum dipasung, pihak keluarga mengaku telah membawa Ernawati berobat, baik pengobatan modern maupun tradisional.

Ketika dibincangi Kabar28.com Siti Aimah (43) saudara iparnya mengatakan, sebelum terganggu jiwanya selagi bapaknya masih hidup dia punya cita-cita ingin sekolah. "Waktu itu dia ingin melanjutkan sekolah, akan tetapi orang tua kami lebih dahulu dipanggil yang maha kuasa, dari situlah mungkin dia putus asa," katanya.

Lanjutnya, dahulu pasungan terhadap Ernawati pernah dibuka, akan tetapi pihak keluarga kualahan karena Ernawati menghilang entah kemana. "Waktu itu kami cari sampai ke Lampung tapi tidak ketemu, tiba-tiba dapat informasi dari saudara dia ada di Komering, OKU. Secara ekonomi kami tidak mampu untuk mengobatinya," pungkasnya. (drs)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close