Bamsoet: Putusan MK Tak Pengaruhi Isi Rekomendasi Pansus Angket KPK


Mutiara Safitri 2018-02-09 15:14:53 Nasional 26 kali

Bambang Soesatyo (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo ikut berbicara mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menilai Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK) bisa dijadikan objek hak angket oleh pansus DPR.

Menurut politis partai Golkar ini dengan adanya putusan MK itu tidak akan mempengaruhi rencana penyampaian hasil kerja pansus pada tanggal 14 Februari.

“Pimpinan DPR menyampaikan bahwa hal itu tidak mempengaruhi rencana penyampaian hasil kerja pansus hak angket KPK pada tanggal 14 Februari mendatang,” ujar Bamsoet kepada wartawan, Jumat (9/2/2018).

Selanjutnya, kata Bamsoet, dengan adanya putusan MK yang menyatakan pansus angket KPK adalah sah, tidak akan mengubah isi kesimpulan dan rekomendasi yang telah diputuskan dalam rapat pleno.

“Itu tidak juga mengubah kesimpulan dan rekomendasi yang telah diputuskan dalam rapat pleno pansus Rabu (7/2) lalu sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku di DPR,” katanya.

Sebelumnya diketahui Mahkamah Konstitusi menolak Pemohon mengenai uji materi pasal 179 ayat 3 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) terkait Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul menjelaskan, Berdasarkan pertimbangan MK menyatakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga penunjang yang dibentuk berdasarkan UU. Oleh karena itu KPK adalah lembaga eksekutif.

“KPK merupakan lembaga di ranah eksekutif yang melaksanakan fungsi eksekutif yakni penylidikan, penyidikan dan penuntutan. Sehingga bukan legislatifan dan Yudikatif,” beber Hakim Manahan Sitompul.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close