Di era Digital, Media Online Miliki Peran Penting


Arie Perdana Putra 2018-02-08 08:50:54 Palembang 97 kali

Pengurus IWO bersama tim media paslon Kada Pilgub Sumsel

PALEMBANGKabar28.com,- Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel gelar diskusi dengan tema "Peran Media Online di Pilkada 2018", bersama tim media para bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumsel periode 2018-2023, di Dipo Cafe Palembang, Rabu (7/2/2018) malam.

Perwakilan tim Media pasangan Dodi Reza-Giri Ramanda, Mulyono mengatakan, media online memiliki peranan penting dalam menyampaikan pesan para kandidat ke masyarakat, terutama bagi pengguna internet. Tidak hanya itu, Media online juga sangat efisien untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada.

"Dari data yang dirilis, pengguna internet di Sumsel mencapai 30 persen, karenanya sebaran messenger pasti sangat luar biasa dan akan berpengaruh terhadap keberhasil tiap kandidat dalam menyampaikan opini, dan untuk meraih kemenangan," ungkapnya.

Sementara Tim Media pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya, Alfrenzi Panggarbesi menilai ada perubahan kebiasaan di masyarakat, dari yang dahulu menggunakan media konvensional (surat kabar), beralih ke informasi media online. Ini terlihat sejak Pilpres tahun 2014, saat itu tampak bagaimana dua Capres Joko Widodo dan Prabowo menggunakan media online untuk mencapai target kemenangan. 

"Kemudian, kita lihat di Pilkada DKI tahun 2017 lalu, bagaimana informasi silih berganti, dan bagaimana tim sukses pasangan calon memposisikan media online sebagai media strategis untuk bersosialisasi," jelas Alfrenzi Panggarbesi.

Hal serupa juga dituturkan oleh tim Media pasangan Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin, Firdaus Hasbullah yang mengungkapkan, semua kandidat yang maju di Pilgub Sumsel membutuhkan keberadaan Media online, hanya saja ia mengingatkan media massa mampu menjaga netralitasnya dalam konteks pilkada. 

"Kita juga berharap, media massa, khususnya online ikut serta dalam pengawasan penyelenggaraan pilkada, lalu harus bisa memastikan masyarakat menggunakan hak pilihnya dan terlibat aktif dalam pengawasan penyelenggaran Pilkada," himbau dia. 

Di tempat yang sama juga tim Media pasangan Aswari Rivai-Irwansyah, Rasyid Irfandi menyambut baik keberadaan media massa, termasuk media online untuk mempublikasikan tentang pilkada, baik pemberitaan positif maupun berita negatif.

"Namun, yang penting, media online ini jangan keluar dari jalur dan tetap memegang teguh kaidah jurnalistik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua IWO Sumsel Sonny Kushardian didampingi Koordinator acara Firwanto dan Ardhy Fitriansyah mengatakan, jika kegiatan itu untuk mendapatkan penilaian bagi para tim Media kandidat serta masyarakat luas terhadap peranan Media online saat ini. "Meski berbagai pendapat dilontarkan dalam diskusi, namun mengkerucut jika memang di zaman now ini Media online di perhitungkan bahkan berperan penting saat pelaksanaan Pilkada," ucapnya.

Ditambahkan Ardhy Fitriansyah, kegiatan diskusi tersebut menjadi tolak ukur bagi penyampai pesan dalam hal ini Media jika zaman sekarang ini semua orang bisa mendapatkan informasi secara cepat melalui internet khususnya pemberitaan dengan menggunakan berbagai situs Media online yang ada.

"Mudah mudahan IWO Sumsel akan mampu turut mensukseskan Pilkada tahun ini, kedepan juga kami IWO akan berusaha terus menggelar acara seperti ini, tak hanya dalam hal politik saja, berbagai hal akan di diskusikan bersama agar masyarakat umum dapat mendapatkan informasi serta bisa mencerdaskan bangsa melalui pemberitaan yang tidak keluar dari koridor jurnalistik," terangnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close