Pilkada Serentak dan Asian Games Bisa Dongkrak Ekonomi RI di 2018?


Lia Cikita 2018-02-07 21:49:02 Nasional 36 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Pilkada serentak dan Asian Games yang berlangsung tahun ini diperkirakan bisa mendongrak ekonomi Indonesia. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dua agenda besar tersebut bisa memberikan dampak yang signifikan ke pertumbuhan ekonomi di 2018.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto merinci, adanya Asian Games 2018 akan membanjiri tamu negara yang jumlahnya tidak sedikit. Potensi ini harus mampu dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk memasarkan produknya langsung kepada mereka.

"Yang lebih urgent memanfaatkan momentum kebangkitan UMKM atau industri kita," kata Eko di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Eko mencontohkan, perlengkapan pertandingan seperti bola dipasok dari industri dalam negeri. Jika pelaku UMKM bisa merasakan manfaat dari pesta olahraga tersebut, maka kontribusi ke pertumbuhan ekonomi diperkirakan signifikan.

"Target jangan melulu medali sekian, juara umum," tutur Eko.

Selanjutnya, gelaran Pilkada yang dilakukan serentak di 117 kabupaten/kota. Untuk hal ini, Eko menilai tidak terlalu besar dampaknya ke ekonomi.

Pasalnya, tren kampanye kini berbeda dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Di era digital, kebutuhan atribut kampanye diperkirakan tidak sebanyak tahun sebelumnya.

"Pilkada ada dorongan ekonomi tapi dugaan saya semakin ke sini tren lebih kepada era digital penggunaan smartphone bentuk kampanyenya lebih kepada model strategi kampanye era baru," tutur Eko. 

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close