Belum Ada Buku Nikah? Ikut Isbat Nikah Aja


Arie Perdana Putra 2018-02-07 11:07:12 Ogan Ilir 109 kali

Kadin Capil saat berikan pelayanan kepada masyarakat

INDRALAYAKabar28.com,- Melalui dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah  Kabupaten Ogan Ilir (OI) meluncurkan program Isbat Nikah (Nikah gratis) hal ini disambut antusias oleh masyarakat  terbukti sudah tercatat 150 pasang suami istri yang mendaftar. Hal ini dikatakan Kadin Dukcapil Akhmad Lutfi kepada awak media. 

Dari panatauan, dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  (disdukcapil) kabupaten OI mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat bumi caram seguguk, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pendaftar yang datang ke dinas dukcapil. Setidaknya hingga kini sudah ada 150 pasang yang  mendaftar.

Lebih jauh dikatakan Akhmad Lutfi untuk melayani warga yang ingin mendaftar isbat nikah pihaknya menyiapkan ruangan khusus, tidak hanya ruangan yang dipersiapksn tetapi juga menyiapkan SDM  khusus untuk melayani para pendaftar. " untuk program Isbat nikah ini kami menyiapkan ruangan dan SDM yang khusus dalam hal pelayanan kepada para pendaftar," ujar Lutfi. 

Ditambahkan Lutfi, untuk urusan pendaftaran isbat nikah tidak hanya di kantor dinas Kependudukan dan Catatan Sipil saja, namun  warga bisa mendaftar melalui kepala desa setempat. "Kalau masyarakat ingin mendaftar, tidak harus  di Disdukcapil tapi dengan kepala desa juga bisa, dengan mengisi formulir dan rekomendasi dari KUA yang berisi pernyataan pernikahan pasangan tersebut belum tercatat di  kecamatan masing-masing," jelas Lutfi. 

Sementara saat disinggung masalah  kuota pencatatan  nikah gratis dibatasi 300 pasang, namun kini sudah mendaftar 150 pasangan, menurut Lutfi, tidak menutup kemungkinan jika pendaftar melebihi dari kuota akan dimasukkan di APBD Perubahan Tahun 2018. 

Sembari menambahkan persyaratan pendaftaran isbat nikah yakni mengisi formulir yang sudah disediakan, foto ukuran 3X4 sebanyak tiga lembar, foto copy KTP/KK dan surat rekomendasi dari KUA," pungkasnya. (nik)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close