Pasca Viral di Medsos, Pemkab Muara Enim Tinjau Jembatan Gantung Ini


Arie Perdana Putra 2018-02-05 21:05:24 Muara Enim 130 kali

Jembatan gantung di Desa Beruge

MUARAENIM, Kabar28.com,- Pasca rusaknya jembatan gantung di Desa Beruge menuju desa Tanjung, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim yang menjadi viral di medsos beberapa waktu lalu membuat Pemkab Muara Enim meninjau langsung ke lokasi jembatan gantung tersebut.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim, Mhd.Tasman mengatakan, berdasarkan intruksi Bupati Muara Enim pihaknya bersama rombongan FKPD dan unsur Muspida langsung mengecek ke lokasi jembatan tersebut.

"Untuk sementara Pemda menutup jembatan tersebut agar jangan dilewati dulu sebelum ada perbaikan," ujarnya.

Menurutnya, panjang jembatan tersebut 145 M, dulunya jembatan gantung itu mengunakan plat pada tahun 2014. Namun, jembatan tersebut sudah beberapa kali dibangun tetap saja rusak. Kemudian direhab lagi dengan mengunakan papan untuk lantainya dan masih saja rusak.

"Hingga hari ini, jembatan tersebut jadi rusak parah dan tidak bisa dilintasi lagi oleh masyarakat," imbuhnya.

Dikatakan Tasman, Untuk pembangunan jembatan gantung tersebut harus dipindahkan ketempat lain supaya tidak rusak lagi.

Oleh karena itu, untuk pemindahan jembatan tersebut harus ada masyarakat yang ingin menghibahkan lahan untuk memindahkan jembatan agar bisa dibangun.

"Kami sudah koordinasikan dengan PU PR Muara Enim. Kalau pemerintah desa sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan jembatan tersebut. Maka, PU akan memasukan rencana ABT 2018, untuk pembangunan tersebut," katanya.

Ditambahkan dia, pihaknya sudah menyiapkan untuk penanggulangan bencana dalam menyikapi bencana alam dari siaga ke waspada dalam penanggulangan bencana tahun 2018.

"Hal ini sudah dimulai dari bulan November 2017 hingga 1 Maret 2018 dalam antisipasi bencana alam. Untuk sekarang kita sudah masuk ke waspada dalam penanggulangan bencana. Maka dari itu disetiap daerah sudah kita dirikan pos-pos jaga dalam penjagaan tersebut," tukasnya. (fir)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close