Cyrus Network: 98,5 Persen, Popularitas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi Sudah Mentok


Lia Cikita 2018-02-05 18:58:32 Nasional 203 kali

Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar(Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com - Survei opini publik yang digelar Cyrus Network pada 16-22 Januari 2018 menunjukkan angka-angka yang menarik.

Dua pasangan calon Pilkada Jawa Barat memiliki tingkat keterkenalan sangat tinggi. Sedangkan dua lainnya masih rendah.

"Secara popularitas, 2DM (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi) sudah bisa dibilang mentok, 98,5 persen," kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto, dalam paparan di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Jika dirinci secara personal, tingkat popularitas Deddy Mizwar mencapai 97,5 persen. Sedangkan pasangannya Dedi Mulyadi sebesar 61,6 persen.

Menyusul pasangan 2DM, popularitas tertinggi diraih oleh pasangan Ridwan Kamil (RK)-Uu Ruzhanul Ulum sebesar 81,3 persen. Secara personal, popularitas RK sebesar 78,8 persen dan Uu sebesar 33,3 persen.

"Dua paslon berikutnya baru dikenal 28,4 persen yaitu pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan 25,3 persen untuk pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan," lanjut Eko.

Yang menarik, kata Eko, secara personal tingkat popularitas Ahmad Syaikhu lebih tinggi dibandingkan Sudrajat yakni 21,6 persen dibandingkan 21 persen.

Kemudian popularitas Anton Charliyan mencapai 19,2 persen, dan TB Hasanuddin sebesar 18,2 persen.

"Dua paslon, 2DM dan RK-Uu sudah selesai lah PR popularitasnya. Dua yang terakhir, Sudrajat-Syaikhu dan Hasanuddin-Anton, ini yang popularitasnya masih harus digenjot lagi," kata Eko.

Paling disukai

Dari tingkat kesukaan (likeabilities), pasangan 2DM juga paling banyak disukai responden yang mengenalnya, yakni sebesar 97,1 persen. Berturut-turut setelahnya ada RK-Uu (77,6 persen), Sudrajat-Syaikhu (27,8 persen), dan TB Hasanuddin-Anton (24 persen).

Jika dilihat antara popularitas dan likeabilities, maka efisiensi paling tinggi diraih oleh pasangan 2DM disusul Sudrajat-Siyaikhu.

Hasil tabulasi silang menunjukkan pasangan 2DM lebih dikenal oleh pemilih laki-laki, pekerjaan wiraswasta, pendidikan SMA dan ke atas, terkoneksi dengan media sosial, dan pengeluaran di atas dua juta.

"Pasangan 2DM paling tinggi dikenal di pemilih Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PKS," ucap Eko.

Pasangan RK-Uu lebih dikenal oleh pemilih laki-laki, pekerjaan karyawan swasta, pendidikan SMA dan ke atas, terkoneksi dengan media sosial, dan pengeluaran di atas dua juta.

"Pasangan RK-Uu paling tinggi dikenal di pemilih PKS, PKB, Demokrat, dan PPP," pungkasnyas.

 

Sumber : Kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close