Meski BMS, PKPI OKI Optimis Lolos Pemilu


Arie Perdana Putra 2018-02-03 12:49:36 Politik 108 kali

Ilustrasi

KAYUAGUNG, Kabar28.com,- Hasil Verifkasi Faktual yang dilakukan KPUD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), menyebut Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) setempat belum memenuhi syarat (BMS) untuk menjadi peserta pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Ketua KPUD OKI, Dedi Irawan menjelsskan, hasil verifikasi faktual hanya PKPI yang BMS, dan akan diberikan waktu perbaikan sampai 5 Februari nanti. PKPI merupakan satu dari 11 partai politik yang kita ferivikasi faktual beberapa waktu lalu.

"PKPI OKI belum memenuhi syarat karena jumlah keanggotaannya belum klop. Meski demikian yang menentukan berhak atau tidaknya suatu parpol untuk ikut serta menjadi peserta pemilu nanti KPU RI. Kami hanya melakukan verifikasi faktual dan menentukan memenuhi syarat atau belum. Kalau belum, diberikan waktu untuk perbaikan," jelasnya.

Selain PKPI beberapa waktu lalu, KPU OKI juga melakukan Verifikasi faktual terhadap 11 Parpol di OKI yang meliputi verifikasi kepengurusan dan keanggotaan. "Yang diverifikasi itu termasuk keterwakilan 30 persen perempuan dalam pengurus hingga alamat kantor ataupun sekretariat," jelasnya.

Sementara itu, untuk beberapa partai baru seperti Perindo dan beberapa partai lainnya sudah dilakukan verifikasi terlebih dahulu. "Yang tidak ikut diverifikasi itu PPP, karena tidak ada pengurusnya di Kabupaten OKI," terangnya.

Terpisah, ketua PKPI OKI Endri Irawan menjelaskan, pihaknya akan menyelasaikan perbaikan susuai waktu yang tentukan KPU. “Pada dasarnya kita siap melaksanakan verifikasi faktual, insyallah selama masa perbaikan, PKPI akan memenuhi syarat sesuai jadwal yang ditentukan, dan mudah-mudahan PKPI lolos dan menjadi peserta pemilu tahun 2019 nanti,” ujarnya. (drs)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close