Ingat, Ormas dan LSM Harus Daftar Ulang


Arie Perdana Putra 2018-02-02 12:55:12 Penukal Abab Lematang Ilir 122 kali

Ilustrasi

TALANG UBI, Kabar28.com,- Sesuai Perppu Ormas Nomor 2 Tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan dan Permendagri Nomor 57 Tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi organisasi kemasyarakatan, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) harus segera mendaftar ulang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten PALI, A Rivai menjelaskan, setelah keluar Perppu Ormas tersebut secara otomatis sudah berlaku di seluruh Indonesia dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) untuk LSM nantinya langsung dikeluarkan oleh Kemendagri RI.

“LSM yang dulunya sudah mendapatkan SKT baik dari gubernur maupun setingkat bupati atau wali kota, nantinya mereka mendaftar ulang ke Direktorat Jenderal Politik Pemerintahan Umum melalui Kesbangpol,” jelasnya, Jumat (2/2/2018).

Namun dalam hal ini, pihak Kesbangpol hanya bertugas untuk memverifikasi LSM dan Ormas saja. “Melihat kelengkapan persyaratan LSM itu, baru kami laporkan ke Kemendagri. Tujuannya jelas, pemerintah ingin memfilter ormas di masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi ke LSM yang ada di PALI. Dimana jumlah LSM yang terdaftar di Kabupaten PALI pada tahun 2017 sekitar 22 LSM atau ormas.

“Tidak lama lagi akan dilakukan sosialisasi mengenai Perppu Ormas, bisa jadi melalui surat edaran atau semacamnya,” tutupnya. (man)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close