Kerap Ganggu Aktivitas Penyeberangan, Sampah di Kali Dibersihkan


Mutiara Safitri 2018-02-01 14:20:18 Nasional 55 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Cilegon, Kabar28.com,-  Tumpukan sampah di Kali Medaksa, Cilegon kerap menganggu aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak jika terjadi hujan. Petugas ASDP Merak pun berupaya membersihkan sampah tersebut.

Sampah dari Kali Medaksa bermuara ke laut di sekitar pelabuhan. Biasanya, sampah-sampah itu menumpuk di Dermaga 1,2, dan 6. Akibatnya aktivitas sandar kapal kerap terganggu.

"Karena beberapa waktu minggu kemarin itu hujan cukup tinggi dan sampah-sampah masyarakat bermuara ke pelabuhan itu di dermaga 6," kata Koordinator SAR Pelabuhan Merak Radmiadi kepada wartawan, Rabu (1/2/2018).

Radmiadi beserta peserta Diklat karyawan baru PT ASDP Merak membersihkan sampah selain untuk peduli lingkungan juga untuk menjaga kebersihan kampung nelayan yang berdekatan dengan pelabuhan.

"Tujuannya untuk pedulu lingkungan kebersihan pantai dari sampah-sampah terutama di sekitaran pesisir kampung nelayan di pinggiran Merak," ucapnya.

Tumpukan sampah di kali Medaksa memang kerap mengotori dan mencemari laut apabila hujan deras turun di wilayah itu. Aliran kali Medaksa yang bermuara ke laut Merak menimbulkan sampah rumah tangga seperti kasur, bantal, bahkan kulkas.

"Selain itu menjaga ekosistem laut keberaihan laut juga menumbuhkan jiwa semangat kemaritiman dan peduli lingkungan, baik kepedulian sampah dan juga kampung nelayan," tuturnya. 

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close