Awas, Jangan Sampai Memasukkan Benda Ini ke Mesin Cuci!


Lia Cikita 2018-01-29 21:35:25 Tips 225 kali

Ilustrasi(Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, -  Keberadaan mesin cuci memang dapat mempermudah pekerjaan rumah tangga. Anggota keluarga tak perlu lagi capek-capek mencuci tumpukan baju kotor secara tradisional.

Walaupun begitu, jangan sampai karena ingin menghemat tenaga, Anda jadi asal memasukkan semua benda ke dalam mesin cuci. Bukannya cepat beres, justru akan timbul kerjaan baru karena mesinnya rusak.

Jadi, sebelum mencuci di mesin, sebaiknya pilah dulang boleh dimasukkan dan tidak. Berikut adalah beberapa benda yang tidak boleh dicuci di mesin cuci.

1. Sepatu lari 

Sepatu keds dan sneakers memang bisa dicuci di mesin cuci, tapi beda halnya dengan sepatu lari. Pasalnya, dibandingkan sneakers, sepatu lari lebih banyak mengandung karet dan lebih sedikit serat kainnya. Akibatnya, sepatu lari lebih mudah mengerut dan berkurang keempukannya kalau dicuci di mesin cuci. Supaya aman, cuci sepatu lari dengan tangan dan biarkan kering secara alami.

2. Bra kawat 

Tidak semua jenis bra atau BH boleh dicuci menggunakan mesin, salah satunya bra kawat. Kawat di BH mudah rusak apabila dicuci dengan mesin. Lebih bahayanya lagi, tak hanya kawat bra yang akan rusak, tetapi mesin cucinya juga. Kawat BH yang tajam dapat merusak bagian dalam mesin cuci. Kalau memang terpaksa harus mencuci BH kawat di mesin, bungkus bra di dalam sarung bantal.

3. Benda kecil

Jangan masukkan barang-barang berukuran kecil, seperti kaus kaki dan sarung tangan bayi, ke dalam mesin cuci. Bukan karena mudah rusak, melainkan mudah hilang. Benda berukuran kecil akan mudah masuk ke bagian ventilasi dan selang mesin cuci. Masalah lain yang akan timbul, saluran air mesin cuci akan terhambat dan menyebabkan banjir.

4. Bantal dan isi bed cover

Bantal tidur atau isi bed cover memang bisa dicuci di mesin cuci, tetapi ukurannya yang besar dan bebannya yang cukup berat membutuhkan tekanan air yang besar agar mesin cuci mampu bekerja optimal. Namun, bagaimana bila tekanan air di rumah Anda kecil? Tidak perlu khawatir karena mesin cuci Polytron Zeromatic Belleza dengan teknologi Zeropressurmampu menjadi solusi di tekanan air yang kecil sekalipun.

Teknologi Zeropressure memungkinkan mesin cuci beroperasi tanpa error meskipun tekanan airnya kecil. Meski debit airnya sangat kecil, mesin cuci akan tetap berputar dan mencuci dengan bersih.

Sumber : liputan6.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close