Akibat Seismik, Ratusan Rumah Warga Retak


Arie Perdana Putra 2018-01-28 18:20:02 Muara Enim 38 kali

Ilustrasi

MUARA ENIM, Kabar28.com,- Ratusan rumah warga di Dusun I dan IV, Desa Gumawang, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muara Enim mengalami kerusakan dengan kondisi retak. Kerusakan ini, diduga akibat dampak Seismik dari aktivitas pencarian lokasi titik minyak mentah yang dilakukan oleh PT Strada.

Yonsah (38) warga setempat menyebutkan, ada sekitar 350 rumah milik warga di dua dusun yang terkena dampak getaran Seismik dari aktivitas tersebut. 

"Ada 350 rumah warga yang rusak, paling parah di Dusun I dan IV. Getarannya lumayan terasa, sama seperti guncangan gempa sehingga getarannya menyebabkan rumah kami retak," ungkapnya.

Menurutnya, PT Strada tidak melakukan musyawarah terlebih dahulu kepada warga, sebelum melakukan aktivitas pengeboran untuk mencari lokasi titik minyak mentah di wilayah Desa Gumawang. 

"Mereka tidak ada musyawarah dengan warga, langsung main bor saja. Jelas kami merasa dirugikan, karena rumah kami rusak," keluhanya. 

Warga lainnya, Ari (34) menambahkan, memang sebelumnya ada sosialisasi yang dilakukan oleh pihak PT Strada, namun tidak semua warga diundang, hanya beberapa warga saja. "Artinya, banyak warga dusun yang tidak mengerti dan tidak tahu dengan pekerjaan itu," ujarnya.

Sementara itu, Kades Gumawang, Hardi menerangkan, bahwa PT Strada telah dua kali melakukan sosialisasi terkait kegiatan pencarian lokasi titik minyak mentah di wilayah desanya.

"Tapi, perusahaan yang bersangkutan tidak menjelaskan dampak dari Siesmik yang bisa menyebabkan rumah warga rusak tersebut. Saya selaku Kades akan terus memperjuangkan tuntutan masyarakat, dan akan menuntut ganti rugi atas kerusakan rumah warga sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku," janjinya. (sis)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close