Baru 2 Tahun Dibangun, Objek Wisata Ini Rusak dan Terbengkalai


Arie Perdana Putra 2018-01-28 16:23:45 Empat Lawang 33 kali

Kondisi Objek Wisata Air Terjun Batu Betiang Rusak

TEBING TINGGI, Kabar28.com,- Obyek wisata Air Terjun Batu Betiang, di Desa Ulak Dabuk, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang yang dibangun menggunakan dana APBD terbengkalai. Baru 2 tahun diresmikan, bangunan dan fasilitas penunjang lainya sudah rusak.

“Lokasinya kotor dan rusak, toilet umum hancur, atap bangunan rontok, rumput dan ilalang tumbuh tinggi. Kalau kondisinya seperti ini, bagaimana masyarakat mau berkunjung,” kata Amran, Warga setempat, Minggu (28/01/2018).

Padahal, jika obyek wisata tersebut dirawat dengan baik, banyak warga yang bisa mengambil manfaat dan keuntungan. Setidaknya warga setempat bisa berdagang atau menjajakan jasa lainnya.

Tanah yang digunakan untuk pembangunan obyek wisata Air Terjun Batu Betiang tersebut merupakan wakaf warga. Pemerintah kabupaten hanya membangun fasilitas penunjang agar kawasan wisata tersebut lebih nyaman dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwista Kabupaten Empat Lawang, Ahmad Nawawi menjelaskan, belum mengetahui banyak tentang kerusakan obyek wisata Air Terjun Batu Betiang. “Bulan November 2017 saya baru diangkat menjadi kepala dinas pariwisata, jadi masih saya pelajari,” jelasnya.

Diakuinya, saat ini belum ada anggaran yang dialokasikan untuk perawatan obyek wisata. Kedepan pihaknya akan melibatkan pemerintah desa untuk ambil bagian dalam pengelolaan obyek wisata air terjun Batu Betiang.

“Kita harus melibatkan pemerintah desa, agar destinasi wisata itu bisa terjaga dengan baik, di sisi lainnya tentu perekonomian desa akan menjadi lebih hidup, kami dari Dinas Pariwisata nanti akan mendampinginya,” tutupnya. (app/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close