Agar Optimal, Sekolah Harus Miliki 3 Guru PAI


Arie Perdana Putra 2018-01-27 18:07:52 Pendidikan 105 kali

Ilustrasi

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Hampir di semua tingkatan sekolah di Kota Prabumulih masih kekurangan guru mata Pelajaran Agama Islam (PAI). Pasalnya, di setiap satu sekolah hanya memiliki 1-2 orang guru PAI.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), H Yeri Taswin menerangkan, idealnya setiap sekolah harus memiliki tiga guru PAI. Hal tersebut agar pembelajaran di mata pelajaran agama Islam bisa dioptimalkan.

"Normalnya guru agama mengajar dalam satu Minggu selama 24 jam, namun kenyataan yang ditemui di lapangan ternyata waktu mengajarnya kelebihan. Bahkan ada yang hingga 32 jam mengajar. Jelas ini membebani guru PAI, tetapi lantaran keterbatasan guru agama, mau tidak mau harus tetap dijalankan," jelas Yeri.

Yeri menambahkan, jika didata setidaknya Prabumulih membutuhkan sekitar 200 guru PAI untuk mengajar di setiap tingkatan sekolah di ‘Kota Nanas’ ini. "Kalau idealnya tiga orang guru, khususnya di tingkat SMP dan SMA dari kelas I hingga kelas III bisa punya satu guru PAI untuk memberikan pelajaran agama," ujarnya.

Dilanjutkan Yeri, untuk memenuhi kebutuhan guru PAI, menurutnya, masing-masing sekolah harus merekrut sendiri guru honorer untuk sementara sekaligus memenuhi kuota kebutuhan guru PAI.

"Guru honor tersebut dibayar oleh sekolah masing-masing untuk memenuhi kebutuhan guru PAI agar proses belajar mengajar, khususnya mata pelajaran agama Islam bisa lebih maksimal," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, H M Rasyid, SAg, MM, tidak menampik soal kekurangan guru PAI tersebut. Ia menyadari dari tingkat SD hingga SMP saja, paling banyak hanya 1-2 orang guru PAI.

"Sekarang ini jumlah guru PNS PAI hanya sekitar 120 orang. Sedangkan sisanya, hanya honorer yang direkrut sekolah untuk memenuhi kebutuhan guru PAI," tegasnya. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close