Empat Kabupaten di Papua Berkategori Rawan Rusuh di Pilkada


Mutiara Safitri 2018-01-25 11:42:59 Politik 62 kali

Irjen Boy Rafli Amar (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Kapolda Papua Irjen Boy Rafli menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Pilkada Serentak 2018 di wilayah hukumnya. Mantan juru bicara Mabes Polri itu mengatakan, pengamanan pilkada di Papua sudah matang.

Menurut Boy, Polda Papua selain mempersiapkan personel juga sudah memetakan daerah rawan konflik. Setidaknya ada empat kabupaten yang jadi perhatian khusus Polda Papua.

"Daerah seperti Jayawijaya kemudian Kabupaten Puncak, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Paniai itu termasuk daerah-daerah yang memiliki potensi kerawanan yang perlu kami antisipasi," kata Boy di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/1).

Dia menjelaskan, rawan atau tidaknya wilayah didasarkan pada pasangan calon kepala daerah dan tim suksesnya. Kekhawatiran yang muncul adalah ketidakpuasan pasangan calon dan tim suksesnya akibat kalah di pilkada akan berbuat rusuh.

"Maka kami tanamkan ke pasangan calon jangan hanya siap menang saja, tapi siap kalah. Mereka harus taat kepada mekanisme dan mereka juga melaksanakan pesta demokrasi dengan fair berdasarkan aturan,” tutur dia.

Jenderal Polri dengan dua bintang di pundak itu menambahkan, kerusuhan juga bisa terjadi ketika ada provokasi terhadap pendukung paslon yang kalah. Karena itu, Polda Papua pun berupaya proaktif membuka saluran komunikasi dengan para pasangan calon.

"Apabila paslon dan tim sukses melakukan provokasi, itu sangat dimungkinkan terjadinya benturan-benturan dalam masyarakat. Makanya kami proaktif buka jaringan komunikasi dengan mereka,” tandas dia.

Sumber : jpnn.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close