Dubes Korsel: Terima Kasih atas Dukungan Indonesia


Lia Cikita 2018-01-24 17:32:18 Internasional 108 kali

Dubes Korea Selatan Cho Tai-young. (Foto: istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Duta Besar Korea Selatan (Korsel) Cho Tai-young menyampaikan apresiasinya atas dukungan Indonesia terhadap upaya perbaikan hubungan antara Korsel dengan tetangganya Korea Utara (Korut). Dukungan itu dinilai memiliki arti penting dalam upaya penyelesaian isu Semenanjung korea,  terutama karena Indonesia adalah negara besar yang memiliki hubungan baik dengan kedua negara berseteru.

"Saya mengapresiasi tanggapan yang baik dari juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia atas dibukanya kembali komunikasi atau perundingan antara Korsel dan Korut dan juga membaiknya hubungan antara kedua pihak," kata Cho di Kedutaan Besar Korsel di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Sebagaimana diketahui, Korsel dan Korut kembali menjalin komunikasi yang sempat terputus pada awal tahun ini. Kedua negara berseteru itu juga telah melakukan sejumlah perundingan tingkat tinggi yang menyepakati keikutsertaan Korut dalam Olimpiade Musim Dingin di Yeongchang pada Februari mendatang.

Delegasi dari dua Korea itu dilaporkan akan tampil di acara pembukaan hajatan besar olahraga tersebut dengan mengibarkan bendera unifikasi bergambar siluet biru Semenanjung Korea. Seoul dan Pyongyang juga setuju untuk membentuk tim gabungan di cabang hoki es putri.

"Harapan besar kami dengan dibukanya kembali saluran komunikasi dan dialog, hasil positif ini bisa dilakukan setelah ajang olimpiade selesai," tukas Dubes Cho.

Dubes Cho menjelaskan, pemerintahnya akan memberlakukan kebijakan bebas visa di Korsel  selama Olimpiade Musim Dingin. Syaratnya, wisatawan masuk dari Bandara Yangyang, di dekat Pyeongchang.

"Sistem bebas visa ini berlaku untuk umum tetapi khusus yang tiba melalui bandara Yangyang di dekat Kota Pyeongchang. Mereka akan secara otomatis mendapat visa bebas," tutur Dubes Cho.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close