Pelajar Ini Raup Jutaan Rupiah dari YouTube, Apa yang Dilakukannya


Lia Cikita 2018-01-22 17:31:13 Pendidikan 71 kali

Aditya Syahbannur Rakhman (Foto: istimewa)

Surabaya, Kabar28.com,  - Siapa yang menyangka pelajar ini di usia belianya bisa mempunyai penghasilan puluhan juta rupiah per bulan. Asyiknya, penghasilan itu dihasilkan dari sebuah hobi.

Pelajar ini adalah Muhammad Aditya Syahbannur Rakhman. Siswa yang baru duduk di bangku kelas XII SMK Dr Soetomo ini bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 21 Juta dari unggahan mine craft yang dimainkannya ke youtube.

Aditnya memang maniak bermain mine craft. Hasil permainannya kemudian ia unggah ke youtube, lengkap dengan strateginya. Ia memberikan narasi melalui suaranya. 

"Awalnya saya iseng-iseng mempelajari tata cara upload di youtube sejak pertama kali masuk sekolah menengah. Setelah bisa, saya bikin channel sendiri," kata Aditya saat ditemui detikcom di sekolahnya di Jalan Jojoran, Kelurahan Mojo, Gubeng, Senin (22/1/2018).

Setelah memiliki sebuah akun The Dream Craft di channel youtube, Aditya mulai mengunggah hasil rekaman game main craft miliknya satu persatu.

"Awal-awal yang saya unggah kontennya masih kasar dengan durasi waktu 15 hingga 30 menit," ujarnya.
 

Dalam waktu sebulan, video yang diunggahnya membuat dirinya terkejut. Adhitya mengaku langsung memiliki subscribe yang lumayan banyak. Sedangkan yang menonton dalam sehari bisa lebih dari seratus ribu viewer. 

"Alhamdulillah dalam sebulan bisa mendapatkan 5 juta,"ungkapnya.

Setelah mendapatkan hasil yang lumayan tersebut, membuat Aditya semakin terlecut untuk membuat konten yang lebih menarik dan lebih kreatif lagi. Terbukti kini dalam kurun waktu satu tahun, ia sudah mengunggah 450 video dan memiliki subcribe 411 ribu di akun miliknya.

"Syukur bulan kemarin bisa mencairkan dana mendekati Rp 20 jutaan, sedangkan untuk bulan Februari 2018 estimasinya bisa mencapai 21 juta," ungkap siswa jurusan Multimedia itu.

Aditya mengaku, sebelum meraih hasil yang memuaskan dari hobinya tersebut, ia harus bekerja keras. Aditya mengaku harus tidur lebih larut untuk bisa membuat video sebelum diunggah di channel youtube.

"Saya harus mengedit sendiri dan mengisi suara sendiri, dalam sehari bisa membuat 3 video hingga tengah malam," ujarnya.

Akibatnya, saat mengikuti proses belajar mengajar dirinya kerap kali mendapatkan teguran dari gurunya di kelas karena mengantuk. Remaja yang mengaku pemalu ini mengatakan bahwa ia kini sudah bisa membeli motor sendiri dari uang yang ia dapatkan dari youtube.

"Alhamdulillah tahun ini bisa membeli motor sendiri, semonga tahun depan bisa buat modal usaha sendiri," urainya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Dr Soetomo, Juliantono Hadi mengaku sangat mengapresiasi atas prestasi anak didiknya. Hal itu bisa menjadi kreator yang bisa menjadi inspirasi teman-teman yang lainnya.

"Anak ini mampu mengembangkan ilmu multimedia yang didapatkan dari sekolah, kami akan siapkan beasiswa untuknya ke depan bahkan jika ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan yang lebih baik," tandasnya. 

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close