Sekjen PBB Serukan Dunia untuk Waspada Bahaya dari Kebencian


Lia Cikita 2018-01-21 21:53:09 Internasional 44 kali

New York, Kabar28.com, - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menghadiri sebuah upacara Peringatan Hari Internasional untuk menghormati korban Holocaust. Ia menyampaikan sebuah pidato di Sinagoge East Park di New York, Amerika Serikat.

"Hampir 80 tahun setelah jatuhnya rezim Nazi, simbol, pola pikir dan bahasanya sangat banyak bersama kita. Beberapa masih berusaha untuk menolak atau menghilangkan fakta Holocaust. Yang lain meremehkan keterlibatan warganya dan mantan pemimpin politiknya. Kita lihat contohnya, kini muncul ancaman neo-Nazi," tegas Guterres, dilanisr dari Xinhua, Minggu (21/1/2018).

Guterres mengatakan bahwa semua masyarakat dunia memiliki kewajiban khusus. Kewajiban itu yaitu untuk tidak pernah melupakan apa yang salah dan bagaimana hal itu terjadi. Dia juga meminta masyarakat internasional untuk selalu waspada dalam menghadapi anti-Semit terus-menerus dan bahayanya bentuk-bentuk kebencian.

Selain itu, Guterres mengatakan pada pertemuan tersebut bahwa organisasi anti-kebencian sekarang melacak ratusan kelompok pro-Nazi dan kelompok lainnya.

"Dengan hanya sedikit penelitian, kami dapat dengan cepat mengidentifikasi 65 kelompok di 25 negara, yang berada tidak hanya di Eropa dan Amerika Utara namun juga di setiap wilayah di dunia," katanya.

"Enam puluh ribu orang baru-baru ini di satu negara mendukung gerakan benua yang paling kanan, dengan plakat bertuliskan 'Eropa Putih' dan 'Darah Bersih'," lanjutnya.

"Tahun lalu, ratusan neo-Nazi berkumpul untuk memperingati 30 tahun kematian Rudolf Hess, salah satu rekan Hitler yang terkemuka," dia memperingatkan.

Kepala PBB mengatakan bahwa dua tugas mendasar harus lahir dalam pikiran yaitu untuk mengingat usaha jahat dan sistematis untuk melenyapkan orang-orang Yahudi dan selalu waspada terhadap awan gelap di cakrawala.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close