KPU Paluta: Lawan Kotak Kosong, Calon Tunggal Belum Tentu Menang


Mutiara Safitri 2018-01-18 09:31:59 Politik 73 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Medan, Kabar28.com,-  KPU Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara telah menutup masa perpanjangan pendaftaran pilkada untuk calon bupati dan wakil bupati. Pendaftar tunggal Andar Amin Harahap-Hariho Harahap akan melawan kotak kosong.

"Paslon tetap satu, tidak ada yang mendaftar lagi. Akan melawan kotak kosong," kata Ketua KPU Padang Lawas Utara Rahmat Hidayat saat dikonfirmasi, Kamis (18/1/2018).

Ia menjelaskan, pendaftaran perpanjangan itu ditutup pada Selasa (16/1) pukul 24.00 WIB. Meski akan melawan kotak kosong, pasangan Andar-Hariho ini belum tentu menang.

"Yang menentukan menang nanti berdasarkan jumlah pilihan masyarakat dan melihat hasil suara. Jumlah yang dicapai harus 50 persen plus 1 dari suara sah," ujar Rahmat.

Jika pasangan tersebut gagal di pilbup, maka roda pemerintahan setempat akan dijabat oleh bupati yang diangkat oleh Kemendagri. Berdasarkan tahun 2014 lalu, lanjut Rahmat, jumlah pemilih yakni 156.910. Sejauh ini, pemeriksaan kesehatan sudah dilalui oleh pasangan Andar-Hariho. "Pemeriksaan kesehatan paslon sudah selesai. Hasilnya nanti diumumkan," terangnya.

Seperti diketahui, pasangan Andar-Hariho ini didukung oleh Partai Golkar, PDIP, Gerindra, Hanura, PAN, PPP, NasDem, PKPI, PKB, Demokrat dan PBB. Saat ini, Andar adalah Wali Kota Padangsidempuan dan Hariho adalah Wakil Ketua DPRD Paluta. 

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close