241 PPL se Ogan Ilir Dilantik


Arie Perdana Putra 2018-01-17 14:17:20 Politik 240 kali

Suasana pelantikan PPL, (foto : Hj. Karyani)

INDRALAYA, Kabar28.com,- 241 orang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) secara resmi  dilantik di Pendopoan Pemkab Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (17/1/2018). Pelantikan tersebut dilakukan Ketua Bawaslu Propinsi Sumsel Junaidi didampingi Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Ogan Ilir (Panwaslu) Idris.

Jumlah Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tersebut dilantik sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. PPL menjadi ujung tombak Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Ogan Ilir, dalam melakukan pengawasan selama tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Bupati Gubernur tahun 2018.

Ketua Panwaslu Kabupaten Ogan Ilir, Idris mengatakan, Pengawas Pemilu Lapangan langsung melakukan tugas setelah dilantik. ''Mereka membantu tugas di tingkat Desa dan juga Kelurahan. Walaupun masing masing desa dan juga kelurahan memiliki luas yang berbeda, namun fungsi pengawasan harus tetap bisa dilakukan secara optimal,'' katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Junaidii mengatakan, PPL memiliki tugas yang berat dalam melakukan pengawasan, karena harus melakukan pengawasan langsung di masyarakat. Nantinya, hasil pengawasan yang dilakukan harus dilaporkan ke Panwasluh Kabupaten Ogan Ilir.

“Tugas PPL ini sebenarnya justru lebih berat, karena mereka yang mengawasi secara langsung bagaimana tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan di masyarakat. Dan kalaupun memang ada dugaan pelanggaran, PPL ini nantinya berwenang untuk melaporkan dugaan pelanggaran tersebut ke Panwas Kabupaten,'' tutupnya. (nik)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close