Meresahkan, Kawanan Copet Bus Kota Ditangkap


Arie Perdana Putra 2018-01-15 21:33:34 Palembang 119 kali

Tiga tersangka pencopet di bus kota, (foto : Ardhy)

PALEMBANG, Kabar28.com,- Unit Reskrim Polsek Ilir Timur I, Palembang berhasil meringkus tiga pelaku spesialis pencopet dalam bus kota yang sudah meresahkan.

Ketiganya yakni Apriyandi Maherta alias Rian, Hairulsyah alias Ujang Ompong dan Andika Saputra, mereka ditangkap setelah mencopet Agam seorang anggota Polri pada Selasa (9/1/2018) lalu. Saat itu korban menumpang bus kota jurusan Kertapati-KM 12 tujuan berhenti di depan rumah sakit Bhayangkara Palembang.

Dimana saat itu korban duduk di bangku bagian paling belakang bersebelahan dengan tersangka Apriyandi Maherta alias Rian, sedangkan dua tersangka lainnya mengawasi situasi.

Tiba di TKP Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Ruko H. Senin kedua teman tersangka memberikan kode kepada tersangka Apriyandi Maherta untuk mengambil handphone korban. Namun, saat itu korban merasa ada yang mengambil barangnya langsung memegang tangan salah satu tersangka dan langsung menggiring tersangka ke kantor polisi Polsek Ilir Timur I sedangkan dua pelaku lainnya berhasil kabur.

Berdasarkan pengakuan salah satu pelaku Apriyandi Maherta alias Rian, handphone hasil copet selama ini dijual di kampung tempat tinggalnya dengan harga murah. Hasil penjualan telepon genggam tersebut sebagian digunakan untuk membeli sabu.

"Kalau saya ini biasanya menjadi kernet bus kota jurusan Kertapati-KM 12, waktu nyopet saya memang berada di dalam bus kota tersebut. Saya baru dua kali melakukan aksi copet di dalam bus kota, bahkan sempat ditahan pihak kepolisian dan sempat mendekam di Rutan Pakjo,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Ilir Timur I Kompol Edi Rahmat Mulyana mengatakan, modus yang digunakan ketiga pelaku saat melakukan aksi copet tersebut yakni pura-pura menjadi penumpang. Salah satu tersangka sebagai eksekutor mengambil barang korban, sedangkan dua pelaku lainnya mengawasi situasi.

"Salah satu pelaku berhasil ditangkap oleh korban, sedangkan dua korban lainnya berhasil kabur. Setelah dilakukan pengembangan, dua pelaku lainnya akhirnya berhasil ditangkap. Ketiga pelaku pelaku ini merupakan residivis, beragam kasus telah dilakukan, diantaranya kasus pencopetan. Dari tangan pelaku berhasil diamankan satu unit handphone milik korban dan satu helai jaket milik  pelaku yang digunakan saat menjalankan aksi pencopetan," terangnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close