Tebing di Kediri Longsor, Dua Penambang Pasir Terluka


Mutiara Safitri 2018-01-12 14:48:24 Nasional 72 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Blitar, Kabar28.com,-  Tebing setinggi 50 meter di tepian Sungai Kaliputih Karangrejo, Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, longsor. Material longsor berupa batu, tanah dan pepohonan menimpa dua pekerja tambang pasir. 

Korban mengalami luka ringan dan telah dievakuasi ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Walaupun kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun potensi longsor susulan mengancam jiwa para penambang pasir lainnya.

"Kami cek lokasi tadi, memang ada potensi longsor susulan di beberapa titik. Untuk itu kami imbau, bagi para penambang pasir di sungai ini kalau curah hujan tinggi segera saja menepi dan menghentikan semua aktivitasnya," jelas Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya dihubungi, Jumat (12/1/2018).

Longsor yang terjadi hari ini menimpa dua penambang pasir warga Kediri. Data Polsek Garum mencatat, mereka bernama Tholib (40) warga Desa Batuaji dan Zamroji (35), warga Desa Deyeng. Keduanya merupakan warga Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

"Sudah kami evakuasi ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Terluka di sekitar kepala dan kaki, mungkin tertimpa pohon yang terbawa longsor," jelas Slamet.

Menurut keterangan beberapa saksi mata di tempat kejadian, kedua penambang sebenarnya posisinya sekitar 30 meter dari tebing pinggir sungai itu. 

"Namun karena banyaknya material longsoran, korban sempat berlari tapi ya masih ada yang menimpa. Untung lukanya tidak parah," ungkapnya.

Sungai Kaliputih merupakan satu di antara aliran sungai yang menjadi lokasi penambangan pasir di Kabupaten Blitar. Ratusan kubik material vulkanik Gunung Kelud yang terbawa arus sungai ini, berpotensi ekonomis bagi para penambang. Tak hanya pasir, namun batu juga menjadi sumber daya alam primadona bagi penduduk disekitarnya. 

Aktivitas penambangan di sepanjang sungai aliran material Gunung Kelud ini tidak berizin. Upaya penutupan beberapa kali dilakukan pihak berwajib. Selain ilegal, bahaya mengancam saat hujan deras mengguyur puncak Gunung Kelud. Banjir lahar dingin sewaktu-waktu akan menerjang para penambang beserta truknya, seperti sudah menjadi bencana yang lazim terjadi disana. 

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close