DKI Luncurkan Kartu Pekerja, Buruh Gratis Naik Transjakarta


Mutiara Safitri 2018-01-12 14:23:30 Ekonomi 56 kali

Bus Transjakarta (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan Kartu Pekerja untuk buruh bergaji upah minimum provinsi (UMP), Jumat (12/1).

Dengan kartu itu, buruh bisa menggunakan Transjakarta dengan gratis. Selain itu, buruh juga mendapat keringanan saat berbelanja bahan pokok pangan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, kartu tersebut diharapkan bisa meringankan biaya hidup buruh di Jakarta.

"Dalam rangka meningkatkan kesejateraan buruh berpenghasilan UMP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa layanan Transjakarta gratis dan layanan untuk berbelanja di JakGrosir," kata Sandi di Balai Kota DKI.

JakGrosir sendiri merupakan tempat belanja secara grosir yang selama ini hanya melayani pegawai Pemprov DKI Jakarta, karyawan PD Pasar Jaya, dan warga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Selain itu, buruh berpenghasilan UMP juga bisa mengikuti program subsidi pangan berupa pembelian bahan pokok. Yakni, daging sapi seharga Rp 35 ribu per kilogram, daging ayam seharga Rp 8 ribu per kilogram, beras seharga Rp 30 ribu untuk lima kilogram, dan telur ayam seharga Rp 12.500 per kilogram.

"Khusus untuk program subsidi pangan tersebut, para pekerja diharuskan membuka rekening di Bank DKI. Sebab, sistem pembelian nontunai atau cashless di lokasi pembelian pada pusat pendistribusian bahan pokok yang terdapat pada 72 pasar tradisional dan JakGrosir," jelas Sandi.

Sumber : jpnn.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close