Canangkan Isbat Nikah, Tiga Instansi Bakal MoU


Arie Perdana Putra 2018-01-12 10:55:07 Ogan Ilir 126 kali

Ketua Pengadilan Agama Kayu Agung saat rapat dengan kadisdukcapil Ogan Ilir Akhmad Lutfi, (foto : ist)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Program isbat nikah yang dicanangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Ogan Ilir mendapat sambutan baik dari Kantor Kementrian Agama Ogan Ilir serta Ketua Pengadilan Agama Kayuagung.

Sambutan baik itu terbukti dengan akan diadakannya Memorandum of Undestanding (MoU) isbat nikah antar tiga instansi itu, direncanakan akan dihadiri oleh Bupati Ogan Ilir, HM Ilyas Panji Alam pada Senin (15/01/2018) di ruang rapat bupati Ogan Ilir.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ogan Ilir, Akhmad Luthfi mengatakan, pihaknya mengadakan rapat ini guna merealisasikan program isbat nikah. Untuk tahap pertama ini pihaknya menganggarkan 300 pasang dan untuk MoU sendiri akan dilaksanakan pada Senin pekan depan.

"Alhamdulillah, Kepala Kantor Kementrian Agama Ogan Ilir dan Ketua Pengadilan Agama Kayuagung menyambut baik sehingga akan di adakan MoU itu di depan Pak Bupati, kemudian selanjutnya kita sosialisasi kepada para camat dan lewat media untuk pendaftaran warga yang akan ikut isbat nikah ini," jelas Luthfi.

Isbat nikah ini, lanjutnya, bertujuan membantu warga yang sudah menikah sah secara agama namun belum memiliki akte nikah atau buku nikah. Dan dengan adanya buku nikah ini mempermudah pengurusan kartu keluarga serta akte kelahiran anak mereka.

"Setelah MoU kemudian Kita akan buka sekretariat pendaftaran di Kantor Disdukcapil, dan ini terbuka untuk seluruh warga Ogan Ilir yang ingin ikut sesuai jumlah yang ada, dan isbat nikah ini rencananya Kita laksanakan tanggal 6, 13, serta 20 April 2018, dan program isbat nikah ini tidak dipungut biaya atau gratis," tutup Luthfi. (drs)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close