Tak Lolos Satu Rangkaian Tes, Paslon Batal Ikut Pilkada


Arie Perdana Putra 2018-01-11 18:50:33 Politik 53 kali

Paslon setelah melakukan tes, (foto : Ardhy)

PALEMBANG, Kabar28.com,- 39 pasangan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah se Sumsel jalani tes kesehatan seperti tes narkoba dan tes psikologi, di Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang, Kamis (11/01/2018)

Ketua KPUD Sumsel, Aspahani menerangkan, hari ini ada dua tes yakni psikologi dan narkoba. Untuk medis dilaksanakan pada 12-15 Januari. Paslon akan mengikuti tiga rangkaian pemeriksaan yakni psikologi, tes narkoba dan medis. "Pemeriksaan para pasangan calon sendiri, melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Untuk hasil seluruh pemeriksaan tersebut, nantinya menjadi salah satu syarat menentukan diterima atau tidaknya pasangan mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Jika dinyatakan tidak lulus, seperti positif memakai narkoba, langsung dinyatakan tidak lulus dan batal menjadi peserta Pilkada. Keputusan tim dokter bersifat final, tidak ada pembanding dengan dokter lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan, Rizal Sanif menambahkan, dalam pemeriksaan tersebut pihaknya melibatkan 30 dokter spesialis. Para dokter sendiri, terdiri dari beberapa spesialis, yakni spesialis penyakit dalam, spesialis jantung, spesialis THT, mata, gigi syaraf dan sebagainya. "Jika satu saja dalam tiga tes yang diikuti dinyatakan bermasalah, jelas tidak memenuhi syarat atau gugur," ujarnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close