46 Warga Ini Ternyata Keracunan Bayam


Arie Perdana Putra 2018-01-11 16:00:13 Lahat 170 kali

Petugas Dinkes Lahat memeriksa salah satu warga yang diduga keracunan makanan dalam hajatan takziah, (foto : ist)

LAHAT, Kabar28.com,- Terkait 46 warga diduga keracunan setelah menyantap makanan yang disajikan keluarga Daman (40) warga Desa Pagar Agung, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat dalam hajatan takziah mengenang 40 hari wafatnya almarhumah Yana (nenek Daman), yang terjadi pada Selasa (09/01/2018) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat, langsung turun ke lapangan mengecek sisa makanan yang diduga menyebabkan puluhan warga keracunan tersebut.  

"Kita turun ke lapangan dan mengambil sampelnya, racun tersebut berasal dari tanaman jenis bayam atau warga lokal menyebutnya tanaman ginseng," ujar Kabid Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lahat, H Ubaidillah, Kamis (11/01/2018).

Ubaidillah menyampaikan, jika saat ini kondisi semua warga yang diduga keracunan tersebut, sudah berangsur membaik. "Sudah 90 persen keadaan mereka mulai membaik, dan tentunya dianjurkan beristirahat dahulu," ungkapnya.

Dia juga mengaku, jika pihaknya sudah mengambil sample tanaman ginseng yang menyebabkan warga keracunan, untuk diperiksa ke laboratorium Palembang. 

"Sampelnya sudah kita ambil, untuk mengecek dugaan kandungan racun jenis apa yang menyebabkan puluhan warga pusing dan muntah-muntah tersebut," katanya. (jum)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close