Faktor Lingkungan Pengaruhi Karakter Remaja


Arie Perdana Putra 2018-01-09 12:30:13 Musi Banyuasin 40 kali

Ilustrasi

SEKAYU, Kabar28.com,- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Muba, Wahidin Sudiro Husodo menyebut tindakan negatif yang dilakukan oleh remaja saat ini disebabkan faktor lingkungan yang mempengaruhi karakter para remaja.

''Kenakalan yang berujung tindakan pidana seperti kasus narkotika, penjambretan dan lain sebagainya tentu melanggar norma-norma yang ada di masyarakat dan menyebabkan krisis moral dalam kehidupan remaja,'' ujarnya.

Lebih lanjut, Wahidin menambahkan, kondisi yang terjadi saat ini disebabkan kurangnya keaktifan orang tua terhadap pengawasan anak. Pengawasan bukan hanya dilakukan pihak sekolah, namun juga di lingkungan keluarga dan tempat tinggal.

"Rendahnya pendidikan juga berpengaruh, dimana pemahaman terhadap perlindungan anak harus diketahui. Selama ini orang tahunya pendidikan hanya sebatas di sekolah, padahal tidak. Karena pendidikan ada juga di lingkungan keluarga," jelasnya.

Atas dasar inilah, ditambah Wahidin, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberikan perhatian kepada para remaja dan menentukan langkah yang bijak untuk memperbaiki moral anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Tentunya seluruh elemen harus bergerak memberikan pengertian untuk meningkatkan moral dan akhlak para remaja. Pihaknya selalu mensosialisasikan gerakan perlindungan anak yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak," tandasnya. (app/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close