Tegaskan Tak Ada 'Uang Kopi'


Arie Perdana Putra 2018-01-09 10:04:10 Palembang 96 kali

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, (foto : ist)

PALEMBANG, Kabar28.com,- Viralnya curhatan salah seorang backpaker asal Malaysia, di laman Facebook terkait adanya pemberian “uang kopi” kepada petugas Imigrasi Palembang di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, ditanggapi Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Sudirman D Hurry. Dirinya mengatakan, telah meminta klarifikasi dari petugas teknis imigrasi SMB II bersama Kepala Imigrasi Palembang.

“Berdasarkan analisis tim yang menyelidiki peristiwa tersebut ditemui ada kesalahan persepsi dari berita yang terlanjur viral tersebut, tidak ada petugas yang minta ‘uang kopi’. Saya sudah kumpulkan seluruh petugas teknis beserta kepala imigrasinya. Berdasarkan hasil penyelidikan oleh tim tidak ditemukan adanya petugas yang meminta ‘uang kopi’ kepada WNA itu,” katanya.

Menurutnya, terjadi kesalahan persepsi yang diterima masyarakat terkait informasi yang beredar. Dimana dalam kutipan tersebut yang disampaikan adalah tawaran dari pihak airlines untuk memberikan “uang kopi” untuk mempermudah proses imigrasi dari sang WNA terkait tiket kembali ke negara asalnya.

“Kan disitu dibilangnya dari pihak airlines ngomong sama si backpaker itu. Kenapa nggak kasih uang kopi aja Rp300 ribu untuk permudah urusannya. Itu artinya tidak ada petugas kita yang minta uang kopi seperti yang ramai dibicarakan itu,” katanya.

Namun, apabila ada oknum petugas yang melakukan hal tersebut, dirinya mengaku tak segan akan memberikan sanksi tegas. “Kita tetap lakukan penyelidikan jika benar terjadi ada cara-cara seperti itu di lapangan, dan akan diberikan sanksi tegas,” ucapnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close