Pilbup Banyumas Diperkirakan Hanya Diikuti Dua Pasangan Calon


Mutiara Safitri 2018-01-08 15:50:52 Politik 103 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Banyumas, Kabar28.com,-  Pemilihan bupati Banyumas dimungkinkan hanya akan ada dua calon pasangan bupati dan wakil bupati. Kedua pasangan tersebut yakni pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto yang didukung oleh 5 partai dan pasangan Achmad Husain-Sadewo Tri Lastiono yang didukung oleh 3 partai.

"Kalau sampai dengan saat ini kemungkinan adalah head to head. Dilihat konstelasinya dua pasang dan ini pertama kali. Karena Pilkada 2008 itu 4 pasangan calon, 2013 ada 6 pasangan calon dan ini sekarang baru head to head, kemungkinan iya," kata Supangkat, Ketua DPC Golkar Banyumas yang juga Koordinator Koalisi pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto.

Menurut dia, dengan hanya ada dua pasang yang dimungkinkan sama-sama memilliki dua kekuatan, pihaknya hingga saat ini sudah memiliki 5 partai koalisi yang dibangun untuk pemenangan Madjoko-Ifan Haryanto, yakni Partai Golkar, Gerindra, PKB, PAN dan PKS. Sedangkan untuk partai PPP, lanjut dia belum dapat dikonfirmasi apakah akan berubah untuk ikut berkoalisi bersama atau tidak.

"Jadi koalisi yang dibangun di Pak Mardjoko ada 5 partai politik dengan jumlah kursinya Golkar 6, Gerindra 6, PKS 4, PAN 4, PKB 7, ada 27 kursi. Yang PPP belum tahu mau gabung atau tidak, sampai saat ini belum dapat konfirmasi lebih lanjut apakah nanti akan berubah kita belum tahu," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu rekomendasi dari masing -masing partai yang menyatakan mendukung pasangan Madjoko-Ifan Haryanto. Karena saat ini semua ketua partai berangkat ke Semarang dan Jakarta untuk mengambil surat rekomendasi. 

"Posisi saya selaku koordinastor koalisi masih menunggu rekom dari masing-masing partai politik. Sampai saat ini komitment yang dibangun turun ke Mardjoko 5 partai. Barangkali PPP bergabung juga bisa tapi kan saya masih mengunggu komunikasi dan lobi ditingkat atas," ucapnya.

Sementara menurut Ketua DPC PDIP Banyumas, Budhi Setiawan yang juga menilai jika pada Pilbup kali ini hanya akan diikuti oleh dua pasangan calon. PDIP didukung Nasdem dan Demokrat.

"Iya hampir pasti (Head to Head). Dukungan penuh full power, PDIP itu kan menang di semua Kecamatan, mesin politik otomatis ya harus digerakkan semuanya, ditambah kekuatan dari Nasdem dan Demokrat akan kami sinergikan," kata Budhi.

Terkait sikap PPP yang hingga saat ini belum menyatakan sikap akan berkoalisi dengan pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto atau Achmad Husain-Sadewo Tri Lastiono. Budhi mengatakan jika PPP sudah dipastikan bergabung dengan PDIP.

"PPP ada disini (dukung PDIP), tapi ini yang belum clear, jadi dikubu sana belum pasti, dikubu sini juga belum pasti, yang jelas ketua DPC PPP ada di kita, yang pasti PPP masuk ke kita," jelasnya.

Sedangkan menurut Ketua KPU Banyumas, Unggul Warsiadi mengatakan jika di hari pertama pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Banyumas yang dibuka mulai Senin hingga Rabu, 8-10 Januari 2018 belum ada pasangan calon yang konfirmasi ke KPU. Pasangan calon bupati dan wakil bupati diperkirakan akan mulai mendaftar saat mendekati masa penutupan pendaftaran Selasa-Rabu, 9-10 Januari 2018.

"Sampai hari ini belum ada, paling cepat besok dan semua sudah kita siapkan, karena penutupan tanggl 10 Januari pukul 24.00 WIB, kayaknya paling tanggal 10 Januari semua, biasanya pada begitu," jelasnya.

Terkait kemungkinan hanya ada dua pasangan calon yang nantinya berlaga dalam Pilbub 2018, pihaknya belum dapat memastikan hal tersebut. Namun jika nantinya hanya ada dua pasangan calon, pihaknya sebagai penyelenggara memastikan tekanan yang terjadi pasti akan sangat kuat. Seperti pada Pilbup tahun 2013 yang diikuti oleh 6 pasang calon diantaranya 2 independen dan 4 parpol. Namun yang nampak hanya pada pertarungan Madjoko selaku incumbent dan Achmad Husain selaku wakilnya yang ikut mencalonkan diri. 

"Head to head bagi kami selaku penyelanggaraan tekanannya lebih kencang secara politik disasaran penyelenggaaraan dan harus sangat rapih. Kalau head to head biasanya begitu, tapi kita sudah siap semuanya, kita juga kan non parsial dan sudah terbiasa," ujarnya. 

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close