Gajah Liar Ditemukan Mati di OKU Selatan


Arie Perdana Putra 2018-01-08 08:05:34 Ogan Komering Ulu Selatan 397 kali

Gajah liar mati di desa Kota Dalam OKU Selatan, (foto : ist)

MUARADUA, Kabar28.com,- Seekor gajah liar ditemukan mati di Desa Kota Dalam, Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten OKU Selatan. Bangkai gajah ditemukan dalam kondisi mulut berdarah dan belum diketahui penyebab kematian.

"Ya benar, Kepala Desa Kota Dalam melaporkan, ada warga yang menemukan gajah liar dalam kondisi mati di perkebunan,” kata Seksi Wilayah III BKSDA Sumatera Selatan, Abdul Aziz.

Dikatakan Aziz, gajah naas ditemukan dalam kondisi mati dan mulut berdarah, tapi belum diketahui apakah karena perburuan gading atau faktor lain. Mengingat saat ini pihaknya belum sampai ke lokasi untuk memastikan kematian gajah tersebut.

Lebih lanjut Aziz menyebut Kabupaten OKU Selatan memang merupakan habitat gajah liar di Sumatera Selatan. Sehingga sangat memungkinkan jika gajah liar masuk ke perkebunan warga.

“Penyebab kematian belum tahu karena tim sedang menuju lokasi bersama dokter hewan. Memang laporannya mulut berdarah dan gading hilang, tapi kalau lihat gambar yang saya terima sepertinya itu jenis kelamin betina, jadi kalau betina itu tidak ada gadingnya,” jelasnya.

“Untuk kematian, diduga kuat tadi malam karena kemarin saat warga ke kebun belum ada bangkai gajah ditemukan,” tutupnya.

Sementara M Mardi, warga Desa Kota Dalam mengatakan, populasi gajah liar di daerah ini memang cukup banyak. Namun, gajah-gajah liar tersebut hanya masuk ke perkebunan warga.

“Mungkin gajah yang mati itu terpisah dari rombongannya. Tapi kita tidak tahu pasti penyebab kematian gajah malang tersebut,” ujarnya. (app/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close