Cegah Kasus Debora Terulang, Sandi: Ruang NICU-PICU Perlu Ditambah


Lia Cikita 2018-01-05 17:21:01 Nasional 94 kali

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (Foto: istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tak mau kasus bayi Tiara Debora terulang lagi. Ia mengatakan jumlah ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) di Jakarta masih perlu ditambah. 

"Secara keseluruhan tadi dihitung melalui rasio memang masih perlu ditambah lagi," kata Sandi, di RSUD Budhi Asih, Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (5/1/2018).

Ruang NICU dan PICU itu merupakan ruang perawatan intensif untuk bayi (sampai usia 28 hari) dan anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital. Dengan penambahan ruangan ini, Sandi berharap tak ada lagi kasus bayi Debora yang terlambat mendapatkan penanganan.

"Jadi kita mohon masyarakat sangat tanggap terhadap keadaan-keadaan seperti kasus Debora ini," ujar Sandi.

Sandi pagi ini mengunjungi RSUD Budhi Asih. Kunjungan tersebut untuk meresmikan fasilitas di rumah sakit tersebut, di antaranya ruang NICU dan ruangan kateterisasi.Dengan NICU dan PICU yang memadai di tiap fasilitas layanan kesehatan di Jakarta, ia harap kasus-kasus pada bayi dan anak-anak bisa tertangani dengan baik. Sandi pun menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk menggagas sistem tersebut.

"Kita ada layanan untuk evakuasi dan kita pastikan mereka dapat ditangani dalam waktu tiga puluh menit. Ini yang lagi digagas oleh sistem yang dibentuk oleh kepala dinas kesehatan," tutur Sandi.

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close