Selama 2017, 766 Warga Bandung Jalani Rehabilitasi Narkoba


Mutiara Safitri 2018-01-04 15:37:09 Nasional 77 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Bandung, Kabar28.com,-  Selama periode 2017, sekitar 766 orang warga Bandung, Jawa Barat, menjalani rehabilitasi dan penanganan pascarehabilitasi akibat penyalahgunaan dan menjadi pecandu narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung Yeni Siti Saodah mengatakan, berdasarkan hasil penelitian BNN pada tahun 2016, tercatat ada sekitar 5,1 juta orang pengguna narkotika di Indonesia. Penyalah guna dan pecandu narkoba di Bandung pun cukup besar. Tercatat selama periode Januari-Desember 2017 lebih dari 600 orang yang melakukan proses rehabilitasi dan 120 orang yang menjalani proses pascarehabilitasi. 

“Sebanyak 599 orang menjalani rehabilitasi rawat jalan medis dengan pembiayaan mandiri. Sisanya ada yang rawat jalan di puskesmas, rumah sakit umum daerah, dan lainnya,” jelas Yeni di Bandung, Kamis (4/1/2017). 

Kendati cukup banyak warga Bandung yang melakukan proses rehabilitasi narkoba, namun tak semua pengguna narkoba termasuk pelaku tindak kriminal. Kebanyakan dari mereka adalah pecandu atau penyalahguna dan korban penyalah guna narkotika. Pecandu atau penyalah guna narkoba, umumnya membeli dan memakai narkoba untuk kepentingan pribadi.

“Rehabilitasi ini adalah upaya untuk menekan permintaan terhadap narkotika. Sehingga diperlukan upaya untuk mengembalikan fungsi fisik dan fungsi sosial para pecandu atau penyalah guna narkotika agar kembali bisa produktif di masyarakat,” jelasnya. 

Menurut dia, untuk memudahkan proses rehabilitasi bagi warga pengguna narkoba, BNN Kota Bandung bekerja sama dengan sejumlah instansi pemerintah, di antaranya RSUD Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Puskesmas Ibrahim Adjie, Puskesmas Margahayu Raya, Puskesmas Kopo, Puskesmas Ujung Berung Indah. Serta bekerja sama dengan lembaga rehabilitasi komponen masyarakat seperti Rumah Cemara, Rumah Pemulihan Jabez, dan Klinik Medika Antapani.

Lebih lanjut Yeni menjelaskan, selama 2017, pengungkapan kasus narkoba di Bandung, berdasarkan data Polrestabes Bandung mencapai 275 kasus dengan jumlah 370 orang. Sementara secara nasional, pengungkapan kasus narkoba mencapai 46.537 kasus dengan melibatkan 58.365 orang.

Sumber : sindonews.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close