Musim Pancaroba, Unggas Rentan Terserang Penyakit


Arie Perdana Putra 2018-01-03 16:32:06 Ogan Komering Ulu Timur 116 kali

Ilustrasi

OKUT, Kabar28.com,- Warga Bukit Napuh, Kelurahan Bukit Sari, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur khawatir, karena banyak ayam mati mendadak. Diduga matinya ayam ini dampak dari cuaca ekstrim yang terjadi sekarang ini.

Mujiono (40) warga setempat mengatakan, ayam warga yang mati mendadak itu jenis ayam bangkok dan ayam kampung lainya.

“Usia ayam yang mati mendadak, antara tiga hingga lima bulan. Ciri-ciri awalnya, kepala ayam bengkak dan kemarah merahan, jika kondisi ayam sudah begitu tak lama kemudian ayam langsung mati. Kondisi ini tentu sangat membuat warga lainya cemas,” katanya.

Hingga sekarang warga tidak mengetahui penyebab ayam tersebut bisa mati mendadak.

Setiap hari ada ayam yang mati. Diduga akibat cuaca ekstrim sekarang. “Ayam yang mati langsung dikubur untuk mengantisipasi agar virusnya tidak menyebar. Warga juga belum melapor ke Dinas Peternakan Perikanan,” ujarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan OKUT, Muhammad Irsadi saat menjelaskan, sekarang belum ada laporan dari warga Bukit Napuh tentang adanya ayam yang mati mendadak.

Pihaknya sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, karena saat ini cuaca ekstrim. “Saat masa cuaca pancaroba, unggas sangat rentan terserang penyakit. Karena itu, harus dilakukan antisipasi,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, penangangan pertama yang harus dilakukan diantaranya, ayam maupun unggas harus dikandangkan. Selain itu kandangnya harus bersih dan disemprot menggunakan disinpestan maupun diterjen. (app/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close