Debit Air Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada


Arie Perdana Putra 2018-01-03 11:13:01 Ogan Ilir 88 kali

Sungai Kelekar, (foto : ist)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Beberapa bulan terakhir ini debit air di perairan wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) meningkat, karena hujan hampir setiap harinya.

Terlihat, kondisi sungai mulai tinggi dan meluap dan rawa rawa  sudah dipenuhi air. Kawasan Tanjung Putus, salah satu lokasi yang mengalami debit air meningkat, hal ini terlihat di sepanjang jalan yang menghubungkan Tanjung Senai, sebagian bahu jalan sudah digenangi air, meskipun hal tersebut  tidak menganggu masyarakat yang lalu lalang di jalan tersebut.

Begitu juga terhadap kondisi Sungai Ogan yang ada di wilayah Ogan Ilir, seperti di kawasan Kecamatan Pemulutan, air sungai mulai meninggi dan tekanan air cukup deras. Bahkan luapan air sungai sudah memasuki rawa-rawa atau persawahan, dan menggenangi halaman rumah warga yang tinggal di bantaran sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Pemkab OI, A Syakroni  mengatakan, memang pada setiap dipenghujung tahun akan terjadi peningkatan itensitas hujan dan berlanjut pada awal tahun. Akibat tingginya itensitas hujan tersebut, membuat sungai menjadi meluap dan memasuki persawahan dan menggenangi halaman rumah penduduk.

Untuk itu, diminta kepada masyarakat untuk waspada  dalam menanggulangi bencana banjir yang bakal terjadi, mengingat wilayah Kabupaten OI mayoritas sebagian diisi dengan wilayah perairan. "Kami minta kepada masyarakat  untuk waspada dalam mengantisipasi bencana seperti bencana banjir," ujar Syakroni.

Syakroni menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan personil Tagana yang sudah dilakukan pelatihan dan pembinaan. "Sehingga setiap waktu dibutuhkan siap melakukan tugasnya untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, begitu juga kebutuhan logistik seperti tenda, perahu karet juga sudah disiapkan bila sewaktu-waktu dibutuhkan," tukasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close