Disdikbud OI Mencatat Ada 60 Cagar Budaya, Perlu Pelestarian dan Promosi


Arie Perdana Putra 2017-12-27 14:06:36 Ogan Ilir 227 kali

Kabid Kebudayaan Ambonelson, (foto : Karyani)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Setelah melakukan identifikasi dan pendataan, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir (OI), mencatat ada 60 cagar budaya di kabupaten OI.

Kabid Kebudayaan Disdikbud OI, Ambonelson mengungkapkan, dari sejumlah cagar budaya yang di klasifikasikan ada yang harus segera diangkat untuk  dilestarikan,  mungkin yang selama ini nyaris terlupakan. Setelah pihaknya melakukan pendataan terhadap cagar budaya OI, pihaknya meneruskan dan bekerjasama dengan dinas pariwisata untuk diangkat dan dipromosikan.

"Seperti kantor camat Tanjung Raja yang bangunannya merupakan peninggalan Belanda yang bakal dijadikan museum,  kalaupun itu terpenuhi berarti pemerintah harus membangun gedung baru untuk kantor camat," ungkapnya.

Masih kata Ambonelson,  pada tahun 2018 pihaknya akan terus berupaya untuk pelestarian budaya,  paling tidak menggali dan terus menggali cagar budaya yang ada di OI untuk diangkat kepermukaan dari yang selama ini terbenam dan tak terdata. "Mudah-mudahan dengan sudah dilakukan pendataan terhadap budaya,  cagar budaya yang ada akan diketahui, ternyata OI juga kaya akan cagar budaya dan peninggalan bersejarah yang harus dilestarikan," bebernya.

Masih kata Kabid Kebudayaan OI,  tidak ada kata terlambat untuk mengangkat, menggali dan melestarikan kebudayaan OI,  karena selama ini juga pendataan itu belum dilakukan,  setelah definitifnya bidang kebudayaan di dinas pendidikan dan kebudayaan OI,  langkah awal melakukan pendataan,  identifikasi terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten OI. "Bidang kebudayaan ini kan baru terbentuk dibawah dinas pendidikan dan kebudayaan,  maka langkah awal kami melakukan pendataan terhadap cagar budaya yang ada di OI", tutupnya. (nik

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close