Bawaslu Akan Bentuk Satgas untuk Cegah Isu SARA di Pilkada Serentak


Lia Cikita 2017-12-26 17:15:47 Nasional 95 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Untuk mencegah isu SARA atau ujaran kebencian dalam Pilkada serentak dan Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah merancang untuk membuat satgas yang nantinya akan bisa melacak perbuatan tersebut.

“Kami sedang merancang satgas yang bisa melacak bagaimana perbuatan saracen,” ujar Anggota Bawaslu, Mochamad Afifuddin dalam diskusi bertajuk "Tutup Tahun 2017, Jemput Tahun Politik 2018 Akankah Politik SARA Terus Berlangsung?" di DHotel, Jakarta Selatan, Selasa (26/12/2017).

Afif juga menjelaskan bahwa nantinya pihak Bawaslu akan bekerjasama dengan Kepolisian dan Kominfo. Dimana kedua lembaga tersebut yang akan menindak pelaku penyebar SARA saat Pilkada ataupun Pemilu.

“Nantinya Kepolisian dan Kominfo yang bisa menindak itu,” jelasnya.

Selain itu, menurut Afif nantinya Bawaslu akan melakukan pendidikan pemilih dan melakukan sosialiasi untuk memerangi isu sara, politik identitas dan politik uang.

“Pendidikan pemilih, sosialisasi menjadi penting, tidak hanya menolak tapi aktif menolak, memerangi dan menolak isu SARA sebagai materi kampanye. Tapi ini global, isu-isu SARA, politik identitas ini semakin menguat,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close