PBB: Jumlah Imigran Internasional Melonjak Jadi 258 Juta Orang


Lia Cikita 2017-12-19 17:22:22 Internasional 84 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

New york, Kabar28.com, - Jumlah imigran internasional saat ini diperkirakan mencapai 258 juta orang. Angka ini meningkat setengahnya sejak pergantian abad ini, demikian informasi yang disampaikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Setiap satu dari sepuluh orang merupakan migran atau pencari suaka," kata seorang pejabat PBB dalam laporan tentang kecenderungan dan perkembangan migrasi yang diluncurkan saat bertepatan dengan Hari Migran Internasional.

Secara global, 3,4 persen penduduk dunia merupakan migran internasional. "Data dan bukti terpercaya sangat penting untuk mengatasi kesalahpahaman tentang migrasi dan untuk menginformasikan tentang kebijakan migrasi," kata Liu Zhenmin, Wakil Sekretaris Jenderal PBB Bidang Ekonomi dan Sosial, dalam pernyataannya.

Hak para migran dan kebutuhan akan keamanan, dikelola dengan baik dalam kebijakan migrasi, termasuk dalam rangkaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang diadopsi dengan kesepakatan negara anggota PBB pada 2015. PBB sedang merencanakan sebuah pertemuan internasional tentang migrasi yang akan digelar pada akhir tahun depan.

Data lainnya menunjukkan bahwa migrasi menyumbangkan 42 persen pertumbuhan penduduk di Amerika Utara dalam rentang tahun 2000 dan 2015, dan penduduk di Eropa menurun selama periode waktu tersebut tanpa migrasi.

Jumlah terbesar migran internasional, hampir 50 juta orang tinggal di Amerika Serikat. Arab Saudi, Jerman dan Rusia, yang memiliki sekitar 12 juta migran internasional di masing-masing negara tersebut, diikuti oleh Inggris dengan hampir sembilan juta, katanya.

"Jumlah terbesar migran, 106 juta, berasal dari Asia," tambahnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close