Vasektomi di Ogan Ilir Sepi Peminat, Ini Sebabnya


Arie Perdana Putra 2017-12-17 13:58:08 Ogan Ilir 110 kali

Ilustrasi KB, (foto : ist)

INDRALAYAKabar28.com,- Minimnya angggaran dan pengetahuan masyarakat, menjadi penyebab sepinya pengguna alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) Vasektomi untuk pria di Kabupaten Ogan Ilir (OI). 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) OI, H. Maulana Jamil menjelaskan, saat ini pasangan usia subur di Kabupaten OI sebanyak 79.008. 

"Sedangkan target pemasangan alat kontrasepsi di tahun 2017 sebanyak 12 ribu orang, dan hingga akhir tahun ini sudah hampir mencapai 11 pemasang," jelasnya.

Menurutnya, dari beberapa alat kontrasepsi yang ada, seperti kondom, MOW, implant, suntik dan vasektomi, ada dua yang paling banyak diminati masyarakat, yaitu implant dan KB suntik. "Untuk vasektomi belum ada peminat, tapi tahun depan akan kita perhatikan juga," tambahnya.

Jamil berharap, agar program KB khusunya di Kabupaten OI mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat. Karena selain untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, juga untuk menurunkan angka kemiskinan.

"Banyak anak banyak rezeki, zaman sekarang sudah tidak ideal. Sebab kebutuhan ekonomi semakin meningkat," katanya.

Dia juga mengatakan, Pemkab OI akan terus mendorong masyarakat melalui petugas penyuluh KB di tingkat RW, desa hingga kecamatan, agar ikut berpartisipasi dalam program KB tersebut.

"Tanpa partisipasi masyarakat, program KB tidak akan terwujud sesuai dengan harapan," pungkasnya. (app/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close