Gelapkan Uang Koperasi, Ini Modus Pelaku


Arie Perdana Putra 2017-12-15 00:47:30 Ogan Komering Ilir 139 kali

Pelaku saat diamankan, (foto : istimewa)

OKI, Kabar28.com,- Gelapkan uang milik perusahaan, Tumino (32) warga Dusun IV Desa Suka Mulya, Kecamatan Sumendawai Suku III Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini tak berkutik saat diciduk polisi di rumah rekannya di Dusun Jingkah Desa Tebing Suluh, Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI, Rabu (14/12/2017) kemarin sekitar pukul 15.00 WIB.

Informasi yang diperoleh, pelaku ini nekat gelapkan uang ditempat ia bekerja Koperasi Serba Usaha (KSU) AKM JAYA ini dengan cara memalsukan dokumen nasabah. Pelaku diamankan atas laporan korban Afif Sembara (28) yang tak lain adalah kepala cabang KSU AKM JAYA.

"Pelaku ini karyawan bagian marketing di perusahaan itu, adapun modus pelaku yaitu dengan cara memalsukan dokumen atau nasabah fiktif untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan itu," ungkap Kanit Reskrim Polsek Lempuing IPTU Sulardi, Kamis (14/12).

Dari tangan pelaku lanjutnya, diamankan barang bukti berupa satu berkas pengajuan pinjaman atas nama Nirjiati. "Setelah di cek oleh perusahaan, ternyata nasabah atas nama Nirjiati ini tidak pernah mengajukan dan mendapatkan pinjaman yang dimaksud. Akibatnya perusahaan itu mengalami kerugian sebesar Rp 7 juta rupiah," jelasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan, dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close