Gempa Berkekuatan 6,2 SR Guncang Tenggara Iran, 18 Orang Terluka dan Puluhan Rumah Rusak


Lia Cikita 2017-12-12 21:04:24 Internasional 91 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Beirut, Kabar28com, - Gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang sebelah tenggara Iran tepatnya di Provinsi Kerman. Guncangan gempa ini menyebabkan sedikitnya 18 orang terluka dan merusak sekira 20 rumah warga.

Berdasarkan laporan media setempat kerusakan yang paling parah diketahui terjadi di Kota Hojdak. Pusat geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, pusat gempa berada di kedalaman 57 kilometer (km). Melansir Reuters, Selasa (12/12/2017), gempa ini kemudian diikuti sekira 30 gempa susulan dengan keluatan yang lebih kecil.

Hingga berita ini diturunkan tak ada laporan mengenai korban tewas. Sebelumnya pada Senin 11 Desember, gempa berkekuatan 6,0 SR juga terjadi di Iran Bagian barat. Lokasi gempa ini diketahui sama persis dengan lokasi gempa yang menewaskan 530 orang dari Iran dan Irak.

Beruntung, tak ada korban tewas dalam gempa tersebut. Dalam bulan ini, Iran tercata telah mengalami gempa sebanyak 3 kali, di titik yang berbeda. Pada Jumat 1 Desember gempa berkekuatan 6,3 SR mengguncang sebelah timur Iran. Gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan tanah, sekira 60 kilometer dari Kerman yang memiliki populasi 800 ribu jiwa.

Iran merupakan salah satu daerah yang sering diguncang gempa kuat. Ahli geologi Amerika Serikat baru-baru ini merilis sebuah laporan yang memprediksi terjadinya peningkatan jumlah gempa kuat pada 2018. Menurut laporan tersebut, sekira 1 miliar jiwa yang tinggal di wilayah rawan gempa, terutama sepanjang wilayah ekuator terancam oleh bencana yang alam itu.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close